Ibu, Ini 5 Nutrisi Wajib Dalam Sekotak Bekal Agar Gizi Si Kecil Terpenuhi

By Dahrani Putri, Rabu, 17 Mei 2017 | 02:00 WIB
Biasakan Anak Sarapan dan Bawa Bekal ke Sekolah (Dahrani Putri)

Mencukupi kebutuhan gizi anak bukan hanya pada makanan di rumah. Namun, perhatikan juga bekal makanan yang dibawanya ke sekolah. 5 nutrisi berikut ini wajib ada dalam sekotak bekal agar gizi si kecil terpenuhi.

1.Perhatikan Karbohidrat

Sumber karbohidrat terkandung dalam nasi, kentang, roti dan biji-bijian. Pilih sumber karbohidrat yang lambat dicerna seperti sereal dan roti gandum, sehingga anak akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Agar rasanya lebih enak tambahkan dengan makanan kesukaannya seperti susu, buah segar, daging asap, selada, dan saus mayones.

Karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi. Setelah lelah beraktivitas di sekolah anak akan kehilangan sebagian energinya, karena itu sangat tepat jika bekal yang dibawanya mengandung banyak karbohidrat.

(Baca: 10 Langkah Siapkan Bekal Tanpa Repot!)

2.Penuhi Protein

Protein akan membantu meningkatkan konsentrasi anak saat belajar. Sumber protein terdapat pada daging, ayam, telur, seafood, susu, tahu dan tempe.

Makanan tersebut  adalah yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun, jangan lupa perhatikan jumlah protein yang dikonsumsinya.

Daging atau ayam yang tidak mengandung lemak akan sangat baik bagi kesehatan anak. Karena itu sebisa mungkin kandungan lemak pada daging dan ayam dihilangkan.

Ikan salmon dan ikan tuna, sangat baik menjaga nutrisi anak. Selain protein, kandungan omega 3 pada salmon dan tuna sangat baik bagi perkembangan otak anak. Jangan lupa sertai dengan sayuran agar seimbang nutrisi yang diserap oleh anak.

3.Buah Segar Untuk Serat

Selain sayuran, buah-buahan segar sangat kaya akan serat. Selalu sertakan minimal satu jenis buah pada bekal makanan anak, seperti pisang, pepaya, jeruk, pir, apel, anggur atau melon.

Jika bosan dengan buah segar coba buat jus dari buah-buah segar kesukaan anak. Atau, bentuk buah dengan bentuk-bentuk lucu seperti kupu-kupu, bintang, mobil atau hewan agar anak tertarik untuk menyantapnya.

(Baca: Cara Praktis Siapkan Bekal Anak)

4.Camilan Favorit

Membawa bekal bukan berarti mereka tidak boleh menikmati camilan kesukaannya. Berikan satu jenis makanan ringan kesukaannya seperti puding, kukis, muffin, cake potong, keripik, atau kerupuk. Dengan begitu anak akan tetap semangat pergi ke sekolah dengan bekal yang mereka bawa.

5.Air Putih

Air mineral sangat pas untuk menghilangkan dahaganya. Jus buah, minuman ringan, susu dalam kemasan dan minuman dengan perasa tidak baik dikonsumsi terlalu sering, karena kandungan gulanya yang tidak baik bagi anak. Selain itu kandungan pengawet dan pewarnanya pun dapat menyerang kekebalan tubuh anak.