Kemasukan Benda Asing di Mata? Segera Atasi Dengan Cara Mudah Ini

By , Sabtu, 17 Juni 2017 | 07:00 WIB
5 kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari malah merusak mata ini harus segera dihindari! (Nova)

Para remaja sering tidak menyadari jika hal yang dianggap sebagai bercanda justru membawa malapetaka untuk dirinya dan temannya. Seperti kasus yang masih viral saat ini, M. Yusuf Permana harus kehilangan penglihatannya karena mata kirinya terinfeksi setelah ditimpuk telur busuk saat ulang tahun.

Padahal mata adalah indera penglihatan kita yang rentan dan tidak boleh sedikit pun mengalami trauma atau luka. Sehingga kesehatan dan kebersihan mata harus selalu dijaga.

Lalu, bagaimana jika mata kemasukan benda asing seperti yang terjadi pada kasus Yusuf?

Menurut dr. Elvioza, SpM dari Rumah Sakit Jakarta Eye Center (JEC) Menteng, Jakarta Pusat sebenarnya saat mata Yusuf terkena cairan telur busuk, ia harus sigap dengan cepat mencuci matanya dengan air bersih yang mengalir atau air yang ada di kemasan. Cucilah sebanyak mungkin sehingga mata bersih dan terasa lebih nyaman. "Mencuci mata dengan air yang mengalir berfungsi agar kuman tereliminasi dan jumlah kuman yang masuk berkurang," kata Elvioza kepada NOVA.id.

(Baca: Ngeri! Bakteri Ganas Ini Sebabkan Yusuf Buta Setelah Ditimpuk Telur Busuk Saat Ultah)

Jangan takut untuk membilas mata dengan air mengalir, meski memang rasanya sedikit perih saat membilas. Pasalnya ini bisa menjadi langkah pertolongan pertama saat mata kita kemasukan benda asing.

“Mata kita memang memiliki sistem melindungi bagiannya dari benda asing. Namun tak ada salahnya membantu mata agar lebih ringan bekerjanya, kan?” papar Elvioza.

(Baca: Begini Kondisi Yusuf, Remaja yang Harus Kehilangan Penglihatan Usai di Lempar Telur Busuk) Langkah kedua, kita harus terus memperhatikan kondisi mata setelah dibilas. Jika kondisi tak membaik atau cenderung semakin  parah jangan tunggu waktu lagi untuk mengkonsultasikan dengan dokter.

Apalagi jika disertai dengan menurunnya kemampuan penglihatan. Berarti kondisi ini tak bisa dianggap sepele lagi. "Waspada jika penglihatan menurun, harus berhati-hati karena itu pertanda parah," tegasnya.