Kuku Kaki Berubah Kehitaman? Ini Dia 5 Penyebabnya

By , Selasa, 2 Mei 2017 | 10:00 WIB
Kuku Kaki Berubah Kehitaman? Ini Dia 5 Penyebabnya (Nova)

Tubuh kita memiliki kemampuan untuk memberikan sinyal jika berada dalam kondisi yang tidak sehat. Gunanya agar kita mampu memberikan respon terhadap kesehatan yang mulai menurun itu. Salah satunya, tubuh memberikan peringatan melalui perubahan warna kuku kaki. Kuku kaki secara tiba-tiba berwarna gelap kehitaman atau membiru seperti memar.

Jika pernah mengalami kondisi ini, sebaiknya kita mulai waspada. Itulah tanda ada bagian-bagian tubuh tertentu yang kesehatannya terganggu.

(Baca: 6 Langkah Mudah & Murah Perawatan ‘Pedicure’ Kuku Kaki di Rumah)

Situs Boldsky.com merangkum beberapa kondisi kesehatan yang bisa terlihat dari perubahan warna kuku kaki:

1. Tekanan Berlebih Seorang pelari atau seorang yang banyak melakukan jenis olahraga mengalami banyak tekanan pada kuku jari kaki.

Dari situ gumpalan darah bisa terbentuk, membuat jari-jari kaki terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi tekanan disarankan menggunakan sepatu olahraga yang nyaman.

(Baca: Ciri Sepatu Olahraga yang Paling Baik untuk Semua Jenis Olahraga) 2. Trauma Benturan Benda Berat Kaki pernah kejatuhan benda berat dan mengenai bagian kuku?

Ternyata benturan tersimpan menjadi trauma jika saat itu tidak dilakukan perawatan yang tepat.  Bisa menyebabkan pembekuan darah dan menyebabkan kuku kaki menghitam. 3. Tumbuh Jamur Pertumbuhan jamur di bagian dalam kuku kaki bisa menyebabkan penggelapan kuku. Biasanya jika kuku ditumbuhi jamur, juga menimbulkan bau yang tidak sedap pada kaki.

Solusinya, kunjungi layanan medis untuk membersihkan kuku kaki dari jamur jamur.

(Baca: Usir Tuntas Selulit dan Bau Kaki dengan Kopi) 4. Sel Kulit Mati Pada dasarnya kulit terus melakukan regenerasi. Sel kulit yang lama akan berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Termasuk kulit yang terbungkus oleh kuku kaki. Ada saatnya sel-sel kulit terjebak di dalam kuku, sementara proses regenerasi terus berjalan. Sel kulit mati yang terjebak itu dapat menyebabkan tanda kehitaman pada kuku kaki.

5. Kanker Kulit

Tanda terakhir ini memang menakutkan, ya. Sahabat NOVA. Warna kehitaman pada kuku kaki bisa jadi tanda tumbuhnya sel-sel abnormal di sana.

Misalnya, pertumbuhan sel-sel kanker kulit pada di sela-sela jari kaki dan kuku kaki, bahkan hiperpigmentasi.

(Baca: Kurangi Risiko Kanker Kulit, Umur Berapa Anak Boleh Memakai Sunblock?)

Kanker kulit menjalar perlahan tanpa gejala yang kentara sehingga sulit dideteksi. Cegah salah satunya dengan cara menggunakan tabir surya secara rutin.