Wajib Coba! 8 Bahan Alami Penghilang Cegukan, Salah Satunya Air Es

By , Sabtu, 20 Mei 2017 | 06:00 WIB
Sering Minum Air Es Bisa Menyebabkan Batuk, Begini Penjelasannya (Nova)

Rata-rata orang pernah mengalami cegukan dan rasanya sungguh tidak nyaman. Belum lagi bunyi ‘hik’ yang nyaring kerap membuat kita malu, terlebih ketika kita berada dalam forum formal. Cegukan biasanya datang tiba-tiba dan sulit dihindari.

Secara medis dijelaskan, cegukan merupakan kontraksi berulang yang terjadi pada diafragma. Ternyata cegukan bisa dipicu oleh minuman beralkohol, minuman berkarbonasi, makanan pedas, stres, dan kebiasaan makan dengan cepat.

Namun jika cegukan terjadi cukup lama dan sering bisa jadi disebabkan oleh beberapa kerusakan saraf, masalah pernapasan, masalah pencernaan atau dipicu karena konsumsi obat tertentu.

(Baca: Tips Mencegah Cegukan Beserta Penyebabnya)

Tak perlu khawatir, dikutip dari boldsky, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan cegukan dengan cepat. Yuk, kita coba! 1. Segelas Air Dingin Minum segelas air dingin secepat yang kita bisa. Hal ini membantu untuk memberikan kejutan ke sistem di dalam tubuh dan menyingkirkan cegukan secara cepat. Habiskan satu gelas air dingin secara langsung, dan tanpa disadari cegukan akan hilang dengan sendirinya. 2. Madu Ambil satu sendok teh madu, tambahkan ke segelas air hangat dan aduk dengan baik. Cobalah untuk menaruh campuran madu di bawah lidah dan kemudian telanlah. Minuman ini bisa membantu untuk menyingkirkan cegukan dengan cepat.

(Baca: Bagaimana Memilih Madu Berkualitas Baik?) 3. Es Batu Ambil es batu kecil, letakkan di dalam mulut, dan terus hisap selama beberapa detik. Hal ini membantu menyingkirkan cegukan karena akan memberikan sensasi kejut untuk diafragma. 4. Kumurlah dengan Air Es Ambil segelas air es dan berkumurlah selama sekitar satu menit. Dijamin cegukan hilang seketika! 5. Gula Ambil satu sendok teh gula, letakkan di dalam mulut, dan hisap selama beberapa detik sampai gula mulai larut dalam mulut. Jangan mengunyah gula tersebut sebab dengan menghisap justru dapat merangsang saraf vagus dan membantu untuk menyingkirkan cegukan.

(Baca: Gula Coklat dan Gula Putih, Mana yang Lebih Bagus untuk Kesehatan?) 6. Selai Kacang Ambil satu sendok teh selai kacang, letakkan di mulut selama beberapa detik, dan langsung telan tanpa mengunyah. Gerakan menelan secara langsung membuat cegukan hilang. 7. Air Lemon Lemon memberikan efek memicu saraf. Ambil satu lemon, potong, dan peras air lemon ke dalam segelas air matang. Minum air lemon ini dengan cepat. Dalam hitungan detik, cegukan mereda.

(Baca: Ini Alasan Anda Harus Minum Air Lemon Hangat Setiap Pagi!) 8. Bubuk Kapulaga Kapulaga memberikan efek relaksasi pada otot. Ambil satu sendok teh bubuk kapulaga dan campur dengan segelas air panas. Diamkan selama 10 menit kemudian saring dan minum.