Calon Ibu Wajib Baca, Rokok Sebabkan Anak Tak Cerdas dan Cepat Pikun!

By , Minggu, 7 Mei 2017 | 04:00 WIB
Ingin Pasangan Berhenti Merokok Ini Caranya (Nova)

Siapa yang tidak ingin melahirkan anak-anak yang cerdas, hidupnya berkualitas, sehat, dan bugar hingga masa tua nanti?

Ternyata ada hubungan antara kebiasaan ibu merokok atau terpapar asap rokok di usia subur dengan kecerdasan dan kualitas hidup anak di usia tua.

Dr. Yudha Turana, Sp.S., mengatakan usia tua yang sehat dipengaruhi sejak bayi masih dalam kandungan ibunya.

Nah, rasanya pas sekali untuk kita yang kini mulai merencanakan memiliki keturunan. Mulailah menerapkan kebiasaan hidup yang sehat untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas.

"Seberapa sehat anak kita di sepanjang hidupnya, investasinya bukan dari umur 50 tetapi dari dalam kandungan,” tegasnya kepada NOVA.id.

(Baca: Orang tua Wajib Tahu! Anak Terpapar Asap Rokok Sejak Kecil Potensi Jantung Koroner)

Misalnya, seorang wanita di usia subur memiliki kebiasaan merokok atau bahkan menjadi perokok pasif. Kebiasaan ini akan berdampak tidak baik jika ia hamil. “Berisiko langsung ke sistem saraf si jabang bayi!”

Yudha mengimbau agar ibu jauhi rokok selama masa subur dan kehamilannya. Sebab racun dari rokok akan menetap di tubuh meski kita sudah berhenti merokok. Dampaknya juga akan mengganggu kecerdasan kognitif anak.

(Baca: 10 Makanan untuk Kurangi Kerusakan Paru-paru Akibat Asap Rokok)

"Anak yang tidak cerdas dan kreatif akan gampang pikun. Pada periode midlife (usia 40-50) akan berisiko terkena penyakit diabetes, hipertensi, dan gampang stres. Lalu akan menderita demensia (penurunan daya ingat) pada usia tua‎," tutupnya.