Sambut Hari Jadi, Kota Surabaya Berubah Jadi Lautan Bunga

By Swita Amallia Alessia, Senin, 8 Mei 2017 | 13:30 WIB
Hari Jadi Surabaya membuat suasana kota jadi lautan bunga (Swita Amallia Alessia)

Parade Budaya dan Bunga 2017 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-724 berlangsung sangat meriah.

Di sepanjang jalan tempat lintasan parade yang dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo Surabaya sepanjang sekitar 7,5 lilometer tersebut dipadati oleh ribuan warga yang ingin melihat dari dekat keindahan kendaraan yang dilapisi dengan hiasan bunga yang berwarna-warni.

Parade kali kali ini memang lebih meriah dibanding tahun sebelumnya demikian pula dengan jarak yang menjadi lintasan juga jauh lebih panjang.

Pada tahun-tabun sebelumnya biasannya peserta hanya berkisar antara 50 tetapi kali mencapai 75 rombongan.

(Baca : Miris! Hidupi 13 Anak, Pasangan di Purwakarta Ini Tinggal di Rumah Kontarakan yang Sempit )

Selain instansi yang ada di lingkungan Pemkot Surabaya yang ikut memeriahkan pawai tersebut dari berbagai perusahaan pemerintah, swasta, perbankan bahkan sekolah dan lembaga perguruan tinggi.

Tak hanya parade bunga, berbagai aneka kebudayaan dari berbagai daerah atau propinsi  juga ikut andil memeriahkan di acara tersebut mulai dari Bali, Papua, Sumatera, para ekspatriat, bahkan komunitas masyarakat India yang ada di Surabaya.

Rombongan parade pun dilepas oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan serta Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Saya bangga dengan Surabaya, kotanya bersih, indah dan masyarakatnya rukun,” kata Jonan datang ke Surabaya dalam rangka peresmian jaringan gas.

Sementara Walikota meminta agar warga kota Surabaya menjaga pesatuan dan kesatuan dan tak percah belah dengan alasan apapun.

“Kita ini cucu dari para pahlawan karena itu harus bisa merawat persatuan dan kesatuan,” pinta Risma.

Gandhi Wasono M/NOVA.id