Kisah Yusuf Remaja yang Dilempar Telur Busuk Bersabar Menunggu Pendonor Kornea

By Swita Amallia Alessia, Senin, 22 Mei 2017 | 03:30 WIB
Yusuf yang menderita karena keisengan temannya (Swita Amallia Alessia)

Kakak mana yang tak sakit hati jika harus melihat adiknya mendadak tak bisa lagi melihat secara normal dan mengalami kebutaan.

Seperti yang menimpa Evi Hasvinawati, kakak perempuan dari M. Yusuf Permana (16), remaja yang bernasib sial ketika diisengi oleh teman-temannya saat berulang tahun.

Peristiwa yang terjadi di bulan Januari lalu saat teman-teman sekolahnya melemparkan sejumlah telur ke kepala Yusuf menjadi petaka dalam hidupnya.

Akibatnya, Yusuf dinyatakan mengalami kebutaan di mata bagian sebelah kirinya karena ada bakteri yang membuat kornea matanya rusak.

Agar bisa kembali melihat, dokter menyarankan agar dilakukan cangkok mata.

(Baca : Remaja yang Buta Akibat Dilempar Telur Busuk akan Jalani Operasi Transplantasi Kornea )

Untuk melakukannya diperlukan biaya yang tak sedikit, paling tidak Rp 50 juta.

Sedangkan Yusuf adalah yatim piatu sejak kecil, dan tinggal bersama bibinya di kawasan Bogor.

Sementara sebagai kakak perempuan tertua, Evi harus membanting tulang bekerja dan meninggalkan Yusuf untuk tinggal di Jakarta dan baru pulang setiap akhir pekan untuk menengoknya.

Untungnya, pemberitaan mengenai Yusuf banyak direspons orang baik yang ingin meringankan bebannya.

Bantuan pun berdatangan agar Yusuf bisa kembali membiayai pengobatan mata kirinya sehingga bisa menjalani kehidupan normal layaknya anak remaja lainnya.

Kabar baiknya, kini juga keluarga Yusuf telah mengajukan rujukan ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), untuk segera dilakukan operasi.