8 Trik Mengatasi Gugup Saat Harus Bicara di Depan Banyak Orang

By Ade Ryani HMK, Rabu, 24 Mei 2017 | 09:15 WIB
8 Trik Mengakali Gugup Saat Harus Bicara di Depan Banyak Orang (Ade Ryani HMK)

Sebetulnya ada beberapa cara untuk mengatasi rasa takut tampil di hadapan publik. Meski awalnya berat, namun lama-kelamaan Anda pun akan terbiasa tampil di depan publik.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mendapat kesempatan berbicara di depan orang banyak.

1. Latihan

Cara terbaik untuk menjadi seorang pembicara yang penuh percaya diri adalah dengan berlatih. Banyak cara berlatih yang bisa Anda lakukan, mulai dari latihan napas sampai latihan menyusun tema pembicaraan Anda. Cobalah berlatih di depan cermin atau anggota keluarga.

Dari mereka, Anda bisa meminta kritik atau saran tentang isi dan penampilan Anda dalam menyampaikan pidato atau presentasi. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin bagus pula penampilan Anda.

(Baca: Manfaat Minum Kopi Sebelum Presentasi ke Klien)

2. Cobalah Bersikap Tenang

Wajar bila Anda gugup saat pertama kali tampil di depan umum. Namun, jangan biarkan kegugupan menguasai Anda berlarut-larut.

Menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan-lahan dapat membantu mengurangi rasa gugup. Ini juga akan membantu supaya Anda tidak sampai kehabisan napas atau kehilangan suara saat pidato atau presentasi.

(Baca: Lucu, Kepribadian Seseorang Bisa Terungkap Lewat Gaya dan Suara Bersinnya)

3. Hindari jeda dengan "Hmm ...", "Ehh ..."

Sering kita lihat, seorang yang tengah berpidato selalu mengambil jeda dengan mengeluarkan suara "Hm.." atau "Eh..". Bahkan, pejabat negara yang notabene pejabat publik pun masih banyak yang tampil dengan kebiasaan ini.