Lebih Besar Mana Khasiatnya, Minum Cold Press Juice Atau Jus Biasa?

By Ade Ryani HMK, Sabtu, 27 Mei 2017 | 03:30 WIB
Lebih Besar Mana Khasiatnya, Minum Cold Press Juice Atau Jus Biasa? (Ade Ryani HMK)

Sempat menjadi trend kuliner di Indonesia, cold pressed juice merupakan alternatif bagi kita untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Coldpressed juice sendiri dipercaya tidak menghilangkan manfaat yang banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Sementara, jus biasa karena sudah melalui proses dengan campuran air dan gula, tentu manfaatnya pun tidak seoptimal saat masih belum diolah.

Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK., cold pressed juice sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

(Baca: 3 Minuman yang Lebih Ampuh Turunkan Berat Badan Dibanding Infused Water)

“Kandungan dalam cold pressed juice tidak menghilangkan manfaat buah-buahan,” jelasnya pada NOVA.id di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta.

Meskipun demikian, menurut spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), coldpressed juice bukan menjadi pengganti air.

“Memang ada buah-buahan yang banyak mengandung air, namun tak bisa menggantikan air putih dengan buah-buahan, jadi harus tetap penuhi kebutuhan air putih setiap harinya,” jelasnya.

(Baca: Minuman Segar Alami, Mixed Juice Bit Apel Wortel)

Selain itu, Dr. Fiastuti juga menambahkan bahwa penting bagi kita untuk mengkombinasikan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya.

Menurutnya, kombinasi konsumsi buah dan sayur setiap harinya akan membantu tubuh mencukupi kebutuhan terutama serat dan berbagai kandungan lainnya.