Tak Hanya Perempuan, Kondisi Vagina Kering Juga Dikeluhkan Suami Saat Bercinta

By Ade Ryani HMK, Minggu, 4 Juni 2017 | 12:00 WIB
Yang Tidak Anda Ketahui Soal Disfungsi Seksual Perempuan (Ade Ryani HMK)

Hubungan seks yang berkualitas adalah ketika kita maupun suami bisa menikmati momen tersebut.

Namun, ada beberapa kondisi yang bisa mengganggu hubungan seks, seperti misalnya vaginal dryness.

Vaginal dryness atau keringnya vagina disebabkan kurangnya produksi pelumas alami, sehingga menyebabkan adanya gesekan yang tak nyaman dan hubungan seks tak lama.

(Baca: 7 Cara Atasi Masalah Vagina Kering Secara Alami )

Padahal, menurut data dari Canadian and American Sex Therapist Survey pada tahun 2008 menyebutkan bahwa beberapa pasangan lebih suka menikmati durasi lama saat bercinta, yaitu sekitar 25 hingga 30 menit.

Untuk menghindari keringnya vagina, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan produk lubrikan atau pelumas yang juga berfungsi sebagai pelicin.

Lubrikan sendiri tak hanya bisa digunakan ketika vagina kering saja, namun juga bisa digunakan untuk menambah kenikmatan hubungan seksual.

Elizabeth Santosa, psikolog dan sexpertmemaparkan bahwa lubrikan juga akan membantu untuk menciptakan variasi dalam hubungan seks sehingga bisa meningkatkan rasa bahagia.

“Lubrikan bisa membantu meningkatkan hormon dopamin atau happy hormone dalam tubuh yang bisa memotivasi seseorang untuk menciptakan hubungan yang lebih erat dengan pasangannya,” tuturnya.

(Baca: Untuk Variasi, Coba 5 Tips Gunakan Lubrikan untuk Tingkatkan Gairah Seks)

Lubrikan sendiri akan menciptakan rasa tingling atau sensasi yang berbeda, sekaligus membantu hubungan seks lebih lama dan lebih menyenangkan.

Tak hanya perempuan yang akan merasa sakit atau tak nyaman apabila dalam kondisi kering, namun pria pun juga bisa mengeluhkan kondisi tersebut yang membuat tak nyaman.