Sempat Bikin Heboh, Rio Dewanto Ungkap Alasan Plasenta Bayinya Belum Dipotong

By Indira D. Saraswaty, Minggu, 25 Juni 2017 | 11:45 WIB
Atiqah Hasiholan melahirkan anak pertama yang berjenis kelamin perempuan. (Indira D. Saraswaty)

Kelahiran anak pertama Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan menjadi perbincangan publik.

Hal yang menarik, pasangan ini menghebohkan warganet lantaran plasenta bayi perempuannya tak langsung dipotong saat lahir. Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan membiarkan plasenta bayinya akan lepas dengan sendirinya.

(Baca juga: Ternyata Performa Kerja Wanita Membaik Usai Melahirkan ​)

Saat ditemui di RSIA Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini, Rio mengungkapkan alasan tak mau terburu-buru melepas plasenta bayinya.

"Dari WHO juga menyarankan ari-ari itu dipotong yang tadinya dari 3 menit jadi 5 menit. Kita memperpanjang aja biar copot sendiri. Secara stamina, fisik dan mentalnya juga bisa membantu lebih baik," ujar Rio Dewanto.

Sebelum melakukan hal tersebut, Rio Dewanto sudah mencari tahu tentang plasenta yang tak langsung dipotong itu sejak awal kehamilan istrinya. Pemain film Filosofi Kopi itu juga mengatakan sudah bertanya kepada teman-temannya.

"Saya sempat ngobrol sama Widi dan Dwi Sasono. Dia udah melewati hamil itu secara normal, gentle birth, dan water birth. Seru, sih. Salah satunya ikut kelas 7 bulan, penting banget, sih. Saya juga kalau ketemu teman-teman selalu sharing," ungkap Rio.

(Baca juga: 6 Pro Kontra Soal Melahirkan dengan Metode Water Birth)

Bayi perempuan Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan yang lahir pada 23 Juni lalu diberi nama Salma Jihane Putri Dewanto.

Atiqah melahirkan anak pertamanya melalui persalinan normal dengan berat 3,38 kg dan panjang 51 cm.