Tak Nyaman dengan Keputihan Berlebih? Coba 15 Obat Herbal Ini

By , Sabtu, 15 Juli 2017 | 08:00 WIB
5 Keluhan Soal Vagina dan Daftar Makanan yang Bisa Mengatasinya (Nova)

Keputihan rasanya sudah menjadi hal yang biasa bagi wanita. Keputihan merupakan proses keluarnya cairan dari vagina anda. Keputihan memang normal, asalkan tidak berwarna, berbau atau menimbulkan sensasi gatal. Bila sudah memiliki tanda tadi, bisa jadi anda mengalami infeksi atau gejala penyakit serius pada organ reproduksi anda.

Tak bisa ditepis, terkadang keputihan membuat wanita merasa risih. Untuk mengobati dan mengurangi keputihan, ada 15 bahan alami keputuhan menurut Boldsky.com:

1. Pisang Kandungan serat yang tinggi dalam pisang membantu menyingkirkan keputihan dengan cepat. Caranya adalah cukup konsumsilah pisang matang untuk mengurangi debit keputihan anda. Disarankan memgonsumsi pisang sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

(Baca juga: Ini 5 Ciri Keputihan Normal yang Harus Perempuan Tahu)

2. Okra Okra mengandung sifat anti-hiperlipidemia, anti-kelelahan dan anti-diabetes. Ini bersifat mucilaginous dan membantu menghilangkan kelebihan lendir dari sistem. Ambil 100 gram okra dan tambahkan satu liter air ke dalamnya. Rebus selama 15-20 menit dan dinginkan. Mengkonsumsi air ini sering untuk menghilangkan keputihan.

3.Biji Fenugreek Ini bagus untuk keputihan. Tambahkan dua sendok biji fenugreek dan empat cangkir air. Didihkannya di atas api sedang selama sekitar setengah jam sebagai douche alami. Karena douching dianggap buruk oleh banyak ahli kesehatan, Anda bisa membuat teh menggunakan biji fenugreek. Rebus beberapa biji di air dan saringlah. Minumlah seperti teh secara teratur untuk menyingkirkan keputihan. Ini adalah salah satu solusi nahan alami di rumah yang paling dikenal untuk mengatasi keputihan.

4. Yogurt Yogurt bisa mengurangi keputihan saat hamil. Ini mengandung sejumlah besar bakteri baik yang mengatur infeksi internal dan membantu menyembuhkan masalah secara efektif. Mengkonsumsi yogurt setiap hari akan membantu mencegah infeksi.

5. Air Beras  sumber pati yang kaya dan mengandung sifat merendahkan yang membantu mengobati peradangan dan juga gatal yang disebabkan oleh kondisi ini. Cuci beras dan saring airnya, tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Minumlah secara teratur untuk menghilangkan kelemahan, gatal dan gejala lainnya yang disertai dengan keputihan yang berlebihan.

6. Canberry Cranberry mengandung sifat antioksidan yang mencegah bakteri menyerang vagina dan juga membantu mengobati kondisi. Ekstrak jus dari cranberry segar dan minum tiga kali dalam sehari untuk mencegah keluarnya cairan dari vagina. Ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk keputihan

(Baca juga: Jangan Abaikan Keputihan).

7. Air Minum banyak air merupakan obat yang efektif melawan gejala keputihan. Air membantu membersihkan bakteri dan dengan demikian membantu menghilangkannya, merawat kondisinya. Pastikan minum 8-10 gelas air putih sehari.

8. Biji Cumin  Ini diketahui memiliki sifat antimikroba yang dapat mengendalikan dan menyembuhkan infeksi vagina. Ambil satu atau dua sendok biji jinten, giling dengan baik dan campurkan dengan madu. Oleskan pasta ini ke area vagina Anda dan ini akan membantu mengurangi dan menyembuhkan kondisi keputihan yang berlebihan.