Waspada! Ini 10 Tanda Kanker yang Perlu Diketahui

By , Minggu, 23 Juli 2017 | 11:19 WIB
Sel Darah Putih, Si Perkasa Pembunuh Sel Kanker dalam Tubuh (Nova)

Nova.ID - Kanker adalah salah satu penyakit yang dapat menghancurkan tubuh kita secara perlahan-lahan. Para penderita penyakit kanker akan merasakan banyak perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Misalnya berat tubuh yang turun secara drastis, tubuh menjadi melemah, dan lain sebagainya.

Tak sedikit mereka yang sudah didiagnosa dokter menderita kanker langsung memiliki stadium yang sudah tinggi. Sebab kebanyakan kanker terkadang memberikan gejala yang tidak mencurigakan. Sehingga banyak dari mereka yang mengabaikan tanda-tanda tersebut.

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker menurut situs kesehatan Boldsky.com:

1. Benjolan

Secara tiba-tiba muncul benjolan di bawah kulit, misalnya di jaringan payudara. Benjolan bisa dideteksi melalui pemeriksaan diri. Jika Anda merasakan ada sesuatu yang berubah dari bentuk tubuh Anda yang seharusnya, tak perlu ragu untuk segera berkonsultasi dengan doketer.

2. Kulit Gatal Tubuh Anda mengobati kanker sebagai bakteri, maka sistem kekebalan tubuh melawannya pada awalnya. Hal tersebut meningkatkan aliran darah ke area tersebut, menyebabkan darah menjadi hangat dan gatal.

(BACA: 10 Gejala Kanker Payudara Stadium 4 yang Bisa Dilihat Langsung)

3. Luka Sukar Sembuh

Jika Anda mempunyai luka di kulit Anda yang memerlukan waktu lama untuk sembuh, ini bisa jadi pertanda kanker.

4. Benjolan di Mulut

Benjolan yang terjadi di dalam mulut, gusi atau tenggorokan dengan warna putih harus segera diperiksa oleh petugas kesehatan. Inilah salah satu tanda kanker yang kebanyakan orang abaikan.

5.Kesulitan Menelan atau Kehilangan Nafsu Makan