Hadapi Era Digital, 6 Hal Ini Wajib Anda Lakukan Dalam Bekerja

By , Selasa, 25 Juli 2017 | 14:42 WIB
Pentingnya mengenali dunia digital bagi kelancaran pekerjaan (Nova)

Nova.id - Bekerja di era yang serba digital kerap dianggap sebagai tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Padahal, platform digital justru ada untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun bagi generasi senior seperti kita ini, tetap saja digital dianggap momok, bukan karena tak bisa, lho. Hanya saja karena belum mengenal secara dekat.

(Baca juga: Benarkah Bekerja di Rumah itu Mudah dan Menyenangkan?)

Nah, berikut panduan dan tips ini dalam memanfaatkan media digital pasti akan memudahkan Anda dalam mengoptimalkan cara bekerja di era digital saat ini.

1. Update Teknologi

Satu hal yang harus Anda kuasai ketika dihadapkan dengan dunia kerja yang serba digital adalah harus menguasai teknologi.

Tak perlu harus ahli di dunia digital, cukup dengan mulai peka dan aktif menggunakan media sosial Anda sehari-hari, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

(Baca juga: Anak Zaman Sekarang Akrab dengan Teknologi, Ini Sekolah Incaran Orangtua di Era Digital)

2. Multitasking

Media digital memungkinkan kita untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Maka, alangkah baiknya jika Anda bisa bekerja secara multitasking.

Seorang sales, misalnya, bisa ditugasi untuk menulis deskripsi produk, mengunggah foto atau video produk di website, mengurusi angka penjualan, sekaligus menjawab pertanyaan dan keluhan kliennya.

(Baca juga: Menangis Tersedu, Model Cantik Polandia Ungkap ‘Siksaan’ Berkarir di Industri Mode)

3. Manner Still Matters

Meski Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa perlu sering-sering bertatap muka dengan klien dan rekan kerja, Anda tetap harus menjaga attitude dan mengedepankan etika ketika menggunakan media digital.

Contohnya, tetap berlaku sopan saat menghubungi klien lewat e-mail atau menulis informasi di media sosial.

4. Bangun Citra Diri di Dunia Online

Zaman sekarang, perusahaan seringkali memanfaatkan situs pencari seperti Google untuk mencari informasi tentang Anda.

Oleh karena itu, muatlah berbagai informasi menarik dan berguna untuk pekerjaan Anda di media sosial, blog, atau website pribadi Anda.

(Baca juga: Menambah Daya Saing Ibu Bekerja lewat Kursus Ketrampilan)

5. Bergabung dalam Grup atau Forum

Anda bisa memperluas jaringan pertemanan Anda dengan cara menggabungkan diri ke berbagai grup atau forum di media online yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Misalnya, Anda bisa bergabung dengan grup career woman di Facebook, atau forum khusus para online marketers. (*)