Begini Proses Penyembuhan Pasca Operasi Caesar, Dokter: Jangan Garuk Jahitan Bekas Operasi Caesar

By Laili Ira Maslakhah, Selasa, 1 Agustus 2017 | 08:08 WIB
operasi caesar saat persalinan (Laili Ira Maslakhah)

Nova.id - Setelah melahirkan dengan proses persalinan caesar, tubuh seorang ibu memerlukan pemulihan yang cukup lama dibandingkan dengan seseorang yang melahirkan secara normal.

Hal ini lantaran persalinan caesar dilakukan dengan membuka lapisan demi lapisan perut, dari otot perut, dinding perut, hingga dinding rahim.

Baca juga: Baru Melahirkan, Ashanty Dikabarkan Hamil Lagi, Manajer Ungkap Fakta Mengejutkan

Dilansir dari Nakita.id, pada lapisan-lapisan yang dibuka tersebut dilakukan proses penjahitan, kondisi ini akan berdampak pada masa nifas yang cenderung lebih lama sekitar 2-3 bulan.

Jadi bagi ibu pasca operasi caesar,apabila masih keluar darah vlek setelah tiga bulan bisa dianggap normal, namun sebaiknya tetap melakukan kontrol rutin ke dokter kandungan.

Baca juga: Cium Pesawat, Maia Estianty: Jadi Raja di Hati

"Mengeringnya" bekas jahitan salah satunya dipengaruhi oleh jenis benang yang digunakan.

Ada benang yang terbuat dari protein sintentis yang dapat langsung diserap tubuh.  Namun pada beberapa orang, benang jenis ini berisiko menimbulkan alergi dan reaksi penolakan jaringan.

Baca juga: Mengerikan! Ini yang Terjadi Jika Sering Melakukan Operasi Caesar

Pada kondisi ini, tubuh yang menolak bahan protein tersebut justru tidak dapat menyerap benang dengan baik sehingga benang malah bisa keluar dan membuat jahitan terbuka.

Pada bagian kulit luar, reaksi alergi umumnya akan menimbulkan rasa gatal yang akan mengakibatkan infeksi jika terus digaruk.

Sederhananya, benang jenis ini sering kali membuat bekas jahitan lama mengering.