Jangan Anggap Sepele! Kenali 16 Gejala Kanker Otak yang Diduga Dialami dr Ryan Thamrin

By , Sabtu, 5 Agustus 2017 | 08:20 WIB
Kenali gejala kanker otak yang bisa menimpa siapa saja (Nova)

Nova.id - Ryan Thamrin, dokter tampan yang terkenal melalui program kesehatan di sebuah stasiun televisi swasta, meninggal mendadak pada Jumat (4/8), di Pekanbaru.

Salah seorang keluarga dekat dari dr Ryan Thamrin mengatakan, almarhum selama ini tengah menderita kanker otak hingga akhirnya  meninggal dunia kemarin.

Dilansir dari tribunnews.com, berikut sekilas informasi mengenai kanker otak dan bagaimana memprediksinya secara dini.

Baca juga: Dikenal Tampan dan Miliki Tubuh yang Bugar, Ternyata Ini Penyakit Mematikan yang Diderita dr Ryan

Kanker otak, adalah salah satu tumor ganas yang menyerang bagian otak, parahnya ciri-ciri dan gejala kanker otak tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya.

Terlepas dari bahayanya, tentu pengetahuan dini mengenai ciri-ciri yang menjadi tanda kita mengidap kanker otak cukup penting diketahui.

Studi yang dilakukan Department Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, sebuah universitas ternama di Bangladesh menemukan bahwa terdapat 16 ciri-ciri kanker otak yang harus diwaspadai.

Studi ini dilakukan pada 50 penderita dengan rentang umur 2 hingga 60 tahun. Berikut gejalanya:

Baca juga: Ternyata Tora Sudiro yang Ajak Mieke Amalia Minum Dumolid, Gara-Gara Sulit Tidur

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan ciri-ciri kanker otak yang paling umum, sebanyak 38 orang dari 50 responden atau sekitar 76 persen mengalami gejala ini.

Namun tentu sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak, melainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Bagaimana ciri-ciri sakit kepala kanker otak?