Vagina Terasa Gatal? Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

By , Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:18 WIB
Masalah kewanitaan yang kerap membuat aktivitas jadi terganggu (Nova)

NOVA.id - Rasa gatal pada Miss V kerap membuat kita para perempuan jadi tak nyaman. 

Apalagi jika gatal-gatal itu sering kita alami. Lalu apa penyebabnya?

Baca juga: Inovasi Baru “Vaginal Rejuvenation” untuk Atasi Masalah Perempuan Indonesia

Biasanya, rasa gatal pada area Miss V disebabkan oleh jamur lantaran kita kurang memerhatikan kebersihan dan kelembaban area kewanitaan kita.

Akan tetapi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya. 

Selain karena jamur, rasa gatal pada area Miss V bisa juga disebabkan karena iritasi dari penggunaan pisau cukur bagi kita yang kerap mencuruk bulu di area kewanitaan.

Baca juga: Terungkap! 5 Bentuk Vagina yang Disukai Para Pria

Parahnya adalah jika gatal tersebut ternyata disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS, maka harus segera mendapatkan penanganan yang serius.

Dilansir dari womenshealthmag.com, seorang Ginekolog di rumah sakit Methodist Houston, yakni Mae K. Borchardt, MD tidak menyarankan perempuan yang alami gatal-gatal pada area Miss V untuk mencoba mengobatinya sendiri di rumah. Sebaliknya, periksakanlah ke dokter.

Gejala di rumah sebelum mereka masuk, kecuali jika mereka yakin itu adalah sesuatu yang mereka alami sebelumnya seperti infeksi jamur," kata Mae K. Borchardt, MD, seorang ginekolog di Rumah Sakit Methodist Houston. 

Baca juga: Agar Seks Terasa Menggairahkan Seperti Malam Pertama, Lakukan 5 Trik Ini, Nomor 4 Paling Disukai Suami

"Jika sudah sekali mencoba mengatasinya dengan satu produk perawatan, jangan ulangi lagi! Pergilah ke dokter, dan begitu kita tahu apa yang sedang Anda hadapi, ada banyak produk tepat yang bisa Anda dapatkan dan gunakan," katanya.