Nafa Urbach Bagikan Tips Agar Anak Terhindar dari Sasaran Pedofilia

By , Senin, 21 Agustus 2017 | 12:29 WIB
Nafa Urbach saat diwawancarai di Mapolda Metro Jaya, Senin (21/8/2017) (Nova)

NOVA.id - Nafa Urbach tak mau pengalamannya juga dirasakan orangtua lain, yang mana anaknya mengalami pelecehan seksual di media sosial.

Oleh karena itu, Nafa berbagi kiat khusus untuk orangtua agar anak mereka terhindar dari para pedofil.

Yang pertama harus waspada, terus jangan upload foto-foto (anak) telanjang atau baru mandi," kata Nafa, seperti yang dilansir dari KOMPAS.com, usai audiensi bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) di Jakarta, Senin (21/8).

Istri dari Zack Lee ini juga menghimbau agar orangtua tidak membiarkan anak mereka berkunjung ke pusat pembelanjaan seorang diri.

(Baca juga: Nafa Urbach Lapor Polisi Soal Tindak Dugaan Pelecehen Terhadap Anaknya

Banyak orangtua beralasan membiarkan anaknya sendiri dengan tujuan agar mandiri. ternyata hal itu dibantah oleh Nafa dengan tegas.

"Jangan ditinggal di mall. Kadang kan mikir, 'Ah biar mandiri, biar belajar sendiri, biar berani'. Itu jangan, karena kita enggak tahu bakal terjadi apa saja," ucap ibu satu anak itu.

Setelah itu, Pendidikan seks juga dianggap penting oleh Nafa untuk dilakukan sejak dini kepada anak-anak, khususnya perempuan.

Hal ini bertujuan agar anak mengetahui daerah tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

"Terus memberikan edukasi seks secara dini kepada anak-anak, di mana bagian tertentu yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan mana yang penting," ujar Nafa.

(Baca juga: Mengejutkan, Medina Zein Ungkap Rahasia Di Balik Pernikahannya Dengan Adik Ayu Azhari )

"Like this is a very personal thing that anyone cannot touch gitu ya mungkin, bahwa itu adalah suatu kejahatan kalau sampai ada orang yang megang dan masukin tangan ke sini (bagian dada)," sambungnya.