Menyetok Bumbu Dasar Ternyata Mempermudah Masak Loh!

By , Minggu, 27 Agustus 2017 | 13:48 WIB
Yuk, Kenali 10 Bumbu Dapur Khas Masakan Thailand (Nova)

NOVA.id - Ada tiga bumbu dasar, yaitu bumbu dasar putih, merah, dan kuning. Dari ketiganya, bumbu dasar putih merupakan dasar dari ketiga bumbu itu. Resep berikut bisa dipakai:

Berikut ulasan yang dilansir dari sajiansedap.

BUMBU DASAR PUTIH: 30 butir bawang merah 8 siung bawang putih 10 butir kemiri sangrai 2 sendok makan ketumbar sangrai

(Baca juga: Diduga Sakit, Sopir Taksi Online Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Dalam Mobil)

BUMBU DASAR KUNING 30 butir bawang merah 10 siung bawang putih 10 butir kemiri sangrai 10 cm kunyit, dibakar 2 sendok makan ketumbar

(Baca juga: Vino G. Bastian Ungkap Alasan Ogah Narsis di Media Sosial, Begini Katanya...)

BUMBU DASAR MERAH 30 butir bawang merah 8 siung bawang putih 20 buah cabai merah (bila suka lebih merah dan kurang pedas, sebagian gunakan cabai merah besar, sebagian cabai merah keriting) 2 sendok makan terasi bakar (kalau mau)

(Baca juga: Anak Presiden, Kahiyang Ayu Tak Gunakan Fasilitas Mewah Saat Bepergian, Ini Reaksi Netizen)

Bumbu-bumbu itu tinggal dihaluskan. Untuk memudahkan memasak, tumis dulu lalu simpan di dalam lemari es. Penyimpanan sebaiknya dalam ukuran porsi memasak.

MERACIKNYA DALAM MASAKAN: Bumbu dasar putih untuk membuat : opor, lodeh, empal Bumbu dasar kuning untuk membuat : ayam goreng, pepes, soto Bumbu dasar merah untuk membuat balado, sambal goreng Campuran bumbu dasar putih dan kuning bisa menghasilkan ayam goreng, ayam bakar, kare, rawon Campuran bumbu dasar putih dan merah akan menghasilkan antara lain sambal goreng, ayam bakar, urap Campuran bumbu dasar kuning dan merah akan menghasilkan pepes, ayam bakar. Campuran ketiga bumbu bisa menghasilkan sayur godog, ayam bakar, pepes, sambal goreng. Campuran campuran tadi juga bisa ditambahkan santan, kecap manis, petis, dan dedaunan pengharum,

Nah, jauh lebih menghemat waktu bukan? (*)