Awas! Ini Dia 6 Jenis Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Jadi Sumber Penyakit

By Amanda Hanaria, Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:15 WIB
Spons cuci piring (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Penularan penyakit bisa berasal dari mana saja, tapi penyebab tersering sebenarnya ada di sekitar kita, terutama di rumah.

Beberapa perabotan rumah yang dipakai sehari-hari merupakan tempat penyimpan kuman.

"Orang mengira dudukan toilet dan lantai adalah tempat paling kotor di sekitar rumah," kata ahli mikrobiologi Profesor Sally Bloomfield dari International Scientific Forum on Home Hygiene.

"Meskipun itu mungkin benar, dan semoga kita tidak menyentuhnya dengan tangan kita. Di sisi lain, pikirkan tentang tempat-tempat lain yang menyimpan kuman sebelum kita memegang makanan, menyentuh mulut, mata, hidung dan wajah."

Baca juga: Tak Hanya Popok, Inilah 3 Barang Lain yang Wajib Ada di Dalam Diaper Bag

Virus flu memang akan mati dalam waktu sebentar ketika berada di luar tubuh, namun virus norovirus bertahan berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu di permukaan yang kering.

"Hal utama yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan secara teratur dan menjaga beberapa barang beresiko terpapar kuman seperti gagang pintu dan telepon genggam, sebersih mungkin," kata Sally.

Berikut beberapa barang di rumah yang harus diwaspadai...

1. Mikroba ponsel Ini adalah kebiasaan baru manusia modern, membawa ponsel ke mana pun mereka pergi, termasuk ke toilet.

Terbukti bahwa 90 persen orang di toilet menggunakan ponsel.

Kursi, pegangan pintu, wastafel dan keran toilet dapat terpapar kuman seperti E. coli (Escherichia coli), yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus, C. diff (Clostridium difficile) yang dapat menyebabkan diare, dan Acinetobacter yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan menular.

Baca juga: Duh Malangnya! Sibuk Mainkan Ponsel, Nyawa Wanita Ini Melayang