Jangan Anggap Sepele, Lakukan 5 Cara Ini Agar Terhindar dari Penyakit Menular Seksual

By Amanda Hanaria, Senin, 16 Oktober 2017 | 13:00 WIB
Kenali tanda tak normal pada vagina. (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Sesuai namanya, penyakit menular seksual atau sering disebut penyakit kelamin adalah penyakit yang dapat menyebar karena perilaku seksual.

Penyakit jenis ini sudah cukup banyak dialami oleh masyarakat karena bisa menyerang siapapun.

Walaupun begitu, Anda tetap bisa mencegah penyakit menular seksual dengan melakukan berbagai cara yang tepat.

Yang perlu diingat adalah, jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seks, Anda berpotensi untuk terkena penyakit menular seksual. Mengapa?

Baca juga: Sarapan Bernutrisi dengan Sereal Susu, Solusi Tepat Ibu Millennial

Benar bahwa orang yang sering gonta-ganti pasangan dan orang yang melakukan seks sesama jenis lebih berisiko untuk terkena penyakit ini.

Namun, data menunjukkan bahwa ibu rumah tangga pun ternyata berisiko untuk terkena penyakit akibat berhubungan seks.

Berdasarkan data dari Pusat Data Informasi HIV/AIDS dari Kementerian Kesehatan, jumlah AIDS yang dilaporkan yang terbanyak adalah pada kelompok ibu rumah tangga, yaitu sebesar 6.539. Data ini dari tahun 1987 hingga 2014.

Data menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, diperkirakan hampir 20 juta orang tertular penyakit menular seksual setiap tahunnya. Jumlah ini fantastis, yaitu setengah dari jumlah seluruh orang yang berusia 15-24 tahun.

Baca juga: Jangan Khawatir, Kita Tetap Bisa Hamil Meskipun Memiliki Alergi Sperma dengan Cara Ini

Data lainnya menyebutkan, 80% dari total orang yang aktif berkegiatan seksual sudah pasti pernah terkena salah satu penyakit kelamin, yaitu HPV.

Bahkan, pada tahun 2015, penyakit seperti klamidia diperkirakan diderita oleh 65% dari semua pemuda berusia 15-24 tahun. Gonore menyusul di belakang dengan angka 50%.