Lahir di dalam Tahanan, Remaja Laki-Laki Ini Miliki Nama "Tahanan PBB", Begini Kisahnya

By Amanda Hanaria, Jumat, 1 Desember 2017 | 11:00 WIB
Tahanan PBB (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Apalah artinya sebuah nama. Itulah ungkapan populer untuk orang-orang yang tidak mempermasalahkan arti dari sebuah nama yang disandang seseorang.

Namun, beda halnya dengan anak laki-laki yang satu ini. Tahanan PBB, itulah nama seorang remaja laki-laki yang lahir pada 31 Agustus 2003.

Yang dimaksud PBB dari nama remaja tersebut adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pemberian nama tersebut tentu bukan tanpa sebab. Pasalnya, anak lulusan SDN 54 Manado ini lahir dari pasangan Mohammad Yaqub dan Akilah.

Baca juga: Jangan Keliru! Ternyata Susu Tanpa Garam Jauh Lebih Sehat Loh, Ini Buktinya

Keduanya asal Afganistan yang kini menghuni Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Manado.

Menurut Tahanan, yang ditemui di sela-sela aksi mogok makan sebagian penghuni Rudenim Manado, awalnya kedua orang tuanya ditahan di Rudenim Sumbawa. Lalu pada 2010 dipindahkan ke Rudenim Manado.

 "Adik saya juga bernama Tahanan PBB Nomor Dua. Sama seperti saya lahir di dalam sel atau penjara," ujar Tahanan yang masih berseragam sekolah itu, Rabu (29/11).

Baca juga: Begini Kondisi Pemeran Pengganti yang Celaka karena Aksi Demian

Tahanan menjadi penghuni Rudenim Manado bersama 139 imigran lainnya yang bermasalah.

Kebanyakan dari mereka adalah imigran asal Afganistan. Selain itu berasal dari Sudan, Eritrea, Ethiopia, Somalia, Pakistan, Suriah dan Myanmar. Kebanyakan dari mereka adalah pencari suaka.

Tahanan yang sudah sangat fasih berbahasa Indonesia dialek Manado itu kini bersekolah di SMP Negeri 2 Manado dan duduk di kelas 2.