Wah, Ratusan E-Commerce Tawarkan Harga Menarik di Harbolnas 2017, Mau Belanja Apa Hari Ini?

By Healza Kurnia, Selasa, 12 Desember 2017 | 09:05 WIB
Harbolnas 2017 berlangsung selama satu hari saja yakni hari ini (12 Desember 2017) (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Ada yang spesial bagi para distributor, merchant, toko online, bahkan reseller produk di hari ini, tanggal 12 Desember 2017.

Berdasarkan pantauan NOVA sejak pagi tadi, ratusan merchant dan retail online melakukan promo habis-habisan di berbagai platform dan media online yang mereka miliki masing-masing.

Ya, sepanjang hari ini ternyata Indonesia tengah memperingati Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Di tahun 2017 kali ini. Harbolnas mengusung tema BelanjaOnlineBersama.

Baca juga: Ingin Rasakan Aksi yang Lebih Ekstrim, Tak Disangka Pria Ini Malah Meninggal

Menurut Achmad Alkatiri, Ketua Panitia Harbolnas 2017, pihaknya berharap acara tersebut bisa menjangkau konsumen lebih luas dan dimanfaatkan pebisnis UMKM.

"Harbolnas akan menjadi faktor utama untuk memperkecil ketimpangan akses produk di kota besar dan kota kecil," katanya dikutip dari Tribunnews.com.

Ia juga menjelaskan bahwa yang berbeda dari Harbolnas 2017 dengan tahun lalu adalah periode acara ini, yakni hanya sehari penuh saja.

Baca juga: Jangan Keliru! Ternyata Susu Tanpa Garam Jauh Lebih Sehat Loh, Ini Buktinya

"Kalau transaksi total Harbolnas 2016 versi Nielsen mencapai Rp 3,3 triliun, dengan rata-rata transaksi per hari sebesar Rp 1,1 triliun, maka ia proyeksi transaksi Harbolnas tahun ini di tanggal 12 Desember bisa melonjak antara 50% sampai 100%. "Itu dari nilai transaksi," bebernya di kesempatan yang sama.

Hal ini berarti nilai transaksi Harbolnas tahun ini paling banter cuma mencapai Rp 2,2 triliun saja.

"Tapi ingat, itu untuk acara satu hari saja. Sedangkan lonjakan penjualan di hari tersebut bisa tiga sampai lima kali lipat dari hari biasa, karena cuman satu hari," tukasnya.