Wah! Demi Tingkatkan Kemampuan Anak Membaca, Google Bekerjasama dengan Sejumlah Organisasi untuk Lakukan Hal Ini

By Amanda Hanaria, Jumat, 15 Desember 2017 | 05:15 WIB
Kerja sama Google.org dengan Inibudi, Room to Read dan Taman Bacaan Pelangi (Amanda Hanaria)

NOVA.id – Google.org mengumumkan pemberian hibah kepada Inibudi, Room to Read dan Taman Bacaan Pelangi untuk meningkatkan kemampuan membaca 200.000 anak usia sekolah di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun ke depan.

Bantuan dari Google.org ini akan digunakan untuk membangun platform digital yang mempermudah akses ke cerita anak dalam bahasa Indonesia, sehingga membantu menumbuhkan minat membaca anak-anak.

Baca juga: Jangan Keliru! Ternyata Susu Tanpa Garam Jauh Lebih Sehat Loh, Ini Buktinya

“Melalui hibah ini, kami ingin menciptakan platform berskala besar untuk menghadirkan konten pengajaran digital bagi para guru di seluruh Indonesia.”

 “Dengan makin banyaknya cerita anak yang tersedia dalam bahasa Indonesia, kami berharap anak-anak akan lebih berminat untuk membaca," ujar Shinto Nugroho, Head of Public Policy Google Indonesia.

Organisasi-organisasi nonprofit ini juga akan mengembangkan materi pelajaran dan mengadakan pelatihan bagi para guru tentang metode pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca.

Baca juga: Fantastis! Nagita Slavina Punya Tas Baru dari Raffi Ahmad, Tak Disangka Ternyata Harganya Bisa Buat Hajatan Sekampung Loh

Selain itu, mereka juga akan menyediakan bantuan bagi para penulis dan ilustrator buku di Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka.

Bantuan yang berjumlah 2,5 juta USD ini adalah bagian dari komitmen menyeluruh Google.org untuk mendukung organisasi-organisasi yang menggunakan teknologi dan inovasi untuk membantu lebih banyak anak mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

“Kami yakin bahwa apa yang dipelajari anak-anak sekolah sekarang akan membentuk dunia kita di masa depan, itulah mengapa berinvestasi di bidang pendidikan penting bagi kami di Google,” tambahnya.

Baca juga: Curiga Istri Selingkuh, Pria Ini Menyeret Istri ke Hutan Hingga Tega Memotong Kedua Tangannya

Saat ini, di Indonesia diperkirakan bahwa dari setiap 100 murid yang masuk sekolah, hanya 25 murid yang memenuhi standar minimum internasional dalam kemampuan membaca dan berhitung.