Persaingan Ketat, Hal Ini Kah yang Membuat Jonghyun Depresi dan Akhirnya Bunuh Diri?

By , Kamis, 21 Desember 2017 | 11:45 WIB
Jonghyun SHINee meninggal dunia (allkpop) (Nova)

NOVA.id - Surat yang ditinggalkan mendiang Jonghyun SHINee mengungkap bahwa dia mengalami depresi parah.

Kasus bunuh diri Jonghyun memicu desakan akan perubahan besar-besaran pada ekosistem K-pop yang kompetitif, penuh tekanan, dan pengawasan ketat dari agensi-agensi artis.

Dalam wawancara dengan media Korea, member girl group T-ara, Hyomin, mengungkap betapa ketatnya aturan yang harus mereka jalani untuk menjadi seorang idola.

Baca juga: Warkop DKI Sudah 44 Tahun, Indro Warkop Ungkap Janjinya yang Penuh Haru buat Almarhum Dono dan Kasino

"Begitu ponsel kami disita agensi, kami menggunakan ponsel prabayar. Kami juga menyelinap diam-diam keluar dari asrama meskipun itu dilarang," tutur Hyomin seperti dikutip dari Korea Herald dalam artikel "Trading personal life for fame", Rabu (20/12/2017).

Agar tidak ketahuan, kata Hyomin, mereka menata kasur sedemikian rupa agar dikira mereka sedang tidur.

"Tetapi kami tidak tahu mau pergi ke mana. Jadi kami hanya mengobrol berjam-jam di sebuah kafe di Gangnam Station," lanjut Hyomin.

Baca juga: Warganet Nyinyir Bilang Syahrini Pamer Uang Jutaan Rupiah, Syahrini: Orang Kaya Mah Bebas!

Penuturan Hyonmin itu untuk menjawab pertanyaan 'pernahkah kalian melanggar aturan selama sembilan tahun menjadi penyanyi idola'.

Jawaban Hyomin itu menunjukkan bahwa keluar dari  kamar pun merupakan pelanggaran.

Agensi atau manajemen artis biasa memberlakukan aturan yang ketat bagi artis-artis bintangnya. Salah satunya dengan mewajibkan mereka tinggal bersama.

Lumrah juga bagi agensi untuk menyita ponsel para bintang. Dengan nada bercanda member F.T. Island, Lee Hong-gi, mengatakan aturan itu dimulai dari band mereka.