Meski Mendung, Warga Tetap Padati TIM dan Optimis Saksikan Gerhana Bulan Total Secara Penuh

By Amanda Hanaria, Rabu, 31 Januari 2018 | 13:42 WIB
Tampak pengunjung saat menyaksikan gerhana bulan total melalui teleskop yang disediakan di kawasan Taman Ismail Marzuki Cikini. Jakarta Pusat malam ini (31/1). (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Fenomena alam gerhana bulan total terjadi pada hari ini, Rabu (31/1).

Momen yang bisa dibilang langka ini lantaran akan ada tiga momen sekaligus muncul secara berurutan, yakni supermoon, blue moon dan gerhana bulan.

Hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan gerhana bulan total ini.

Baca juga: Langit Diselimuti Awan, Warga Kesulitan Melihat Gerhana Bulan

Di Jakarta sendiri, berdasarkan pantauan NOVA.id di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat sekitar 5.000 orang telah berdatangan sampai dengan pukul 19.00 WIB.

Namun, jumlah itu diprediksi akan terus bertambah seiring masyarakat umum yang terus berduyun-duyun memadati area belakang Plaza Teater TIM.

Pasalnya, hal ini juga ditegaskan oleh Eko Wahyu Wibowo, Kepala Satuan Pelaksana Teknis Pertunjukan dan Publikasi Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta, TIM memprediksi jumlah pengunjung yang akan menyaksikan fenomana super blue blood moon mencapai 8.000 orang.

Baca juga: Berjuta Kebaikan dalam Segelas Susu Gurih Tanpa Garam yang Wajib Kita Tahu

Hal itu berdasarkan data dari pendaftar online yang dibuka sejak beberapa hari yang lalu.

"Jumlah yang daftar online ada 7.060 orang, update sampai tadi pagi. Kami perkirakan yang datang bisa sampai 8.000 orang," ujar Eko di TIM, Rabu (31/1) kepada wartawan.

Sementara itu, pihak pengelola TIM sendiri menyediakan setidaknya 16 teropong untuk menyaksikan gerhana bulan malam ini.

Baca juga: Unik! Tak Hanya Sholat Gerhana, Warga Semarang Gelar Tradisi Ini Saat Gerhana Bulan Total