Longsor Menerjang Kawasan Bandung Barat, Ini Dia Jumlah Korban yang Tertimbun

By Healza Kurnia, Senin, 5 Maret 2018 | 06:10 WIB
Longsor terjadi di Kampung Bonjot RT 3 RW 11, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta pada pukul 06.00 WIB, Senin (5/3) (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Musim hujan saat ini masih menggelayuti wilayah Indonesia.

Sepanjang musim penghujan, biasanya intensitas hujan mulai rendah , sedang hingga tinggi akan mengguyur beberapa wilayah.

Oleh karena itu, seluruh pemerintah kota/kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat selalu menyosialisasikan pengembangan jalur hijau, peresapan air dan beberapa hal lainnya untuk menanggulangi dari guyuran air hujan yang deras.

Baca juga: Aduh, Si Kecil Diare? Lakukan 3 Langkah Ini Sebagai Pertolongan Pertamanya, ya!

Namun, karena intensitas hujan yang tinggi selama berhari-hari membuat bebrapa tampungan air meluber.

Tak pelak hal ini seringkali yang membuat beberapa wilayah akan mengalami banjir hingga tanah longsor karena tak kuat menahan beban guyuran hujan.

Setelah beberapa waktu lalu, di Brebes, Jawa Tengah belasan orang menjadi korban dari tanah longsor kali ini bencana longsor terjadi di Bandung Barat.

Seperti dilansir dari Tribun Jabar, lokasi tanah longsor tersebut tepatnya berada di Kampung Bonjot RT 3 RW 11, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Senin (5/3) pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Simak Kisah Sri Purwanti, Sukses Sulap Bahan yang Biasa Dipandang Sebelah Mata Jadi Panganan yang Mendunia

Kejadian ini mengakibatkan empat rumah dan tujuh kepala keluarga terancam tertimbun.

Menurut Kepala Bidang Logostik dan Kedaruratan, Dicky Maulana, ada seorang warga yang ditemukan dalam keadaan meninggal dan satu lainnya masih dalam pencarian.

"Kami upayakan mengungsikan warga ke tempat aman dan pencarian terus berlanjut," katanya melalui pesan whatsapp.(*)