Ternyata Penderita Kanker Bisa Kurangi Resiko Kematian dan Perpanjang Usia, loh, Begini Caranya!

By Healza Kurnia, Senin, 26 Maret 2018 | 01:00 WIB
Waspada, Olahraga Terlalu Berat Bisa Menyebabkan Shin Splint, Pakai 5 Bahan Sederhana Ini untuk Mengatasinya (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Kanker menjadi penyakit yang sering ditakuti oleh banyak orang.

Meski ditakuti karena selalu mengancam nyawa seseorang, akan tetapi penyakit yang satu ini justru bisa menyerang banyak orang di dunia ini.

Namun, baru-baru ini ada hasil penelitian terbaru jika kita sudah tervonis penyakit kanker, ternyata kita masih bisa memperpanjang usa kita dan mengurangi resiko kematian.

Dilansir dari Daily Mail, studi yang dilakukan tim peneliti dari Harvard University dan peneliti dari Australia menemukan bahwa olahraga 30 menit di pagi hari dapat menghilangkan 50 persen resiko kematian akibat kanker.

Baca juga: Si Kecil Sudah Bisa Makan Sendiri? Agar Tak Tersedak Sebaiknya Berikan Makanan Sehat Ini

Hal itu karena olahraga yang dilakukan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Studi mengenai kanker ini dipresentasikan di American Society of Clinical Oncology di Chicago, dalam pertemuan kanker dunia.

Penelitian itu dilakukan oleh tim dari Harvard University, penelitian ini mengikutkan 992 pria penderita kanker usus stadium tiga dalam waktu tujuh tahun, kanker ini telah menyebar ke jaringan terdekat dalam organ tubuh mereka.

Kanker stadium tiga adalah penyakit kanker berkelanjutan dari kanker yang mana berarti kanker telah menjadi besar dan tumbuh dengan cepat.

Baca juga: Tenang, Walau Kolesterol Tinggi Tetap Bisa Makan Seafood Bila Tahu Caranya Ini

Dari hasil studi tersebut, didapatkan data bahwa mereka yang melakukan olahraga ringan selama 30 menit di pagi hari selama lima hari dalam seminggu serta makan dengan sehat mengalami pengecilan kanker sebesar 42 persen dari ukuran sebelumnya.

Mereka juga memiliki kemungkinan lebih kecil dapat meninggal akibat kanker.