Diduga Tercampur Obat Serangga, Perempuan Ini Tewas Usai Meminum Jamu Pengantin

By Amanda Hanaria, Rabu, 4 April 2018 | 09:30 WIB
Pesta resepsi pernikahan yang hendak digelar di Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah gagal, Senin (2/3) (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Seorang perempuan bernama Manisih (40), tewas seketika pasca menenggak minuman jamu pada saat acara pernikahan kerabatnya beberapa waktu lalu.

Selain Manisih, korban lainnya yang untung selamat adalah Umi Saadah (22) yang tak lain adalah mempelai perempuan yang hendak menikah.

Dilansir dari Kompas.com, meminum jamu menjelang akad nikah yang terjadi di Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah itu merupakan suatu tradisi warga sekitar.

Baca juga: Duh, Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Bisa Keracunan, Lalu Berapa yang Seharusnya Dikonsumsi?

Menurut Kasat Reskrim Polres Kudus, AKP Onkeseno Grandiarso Sukahar,  berdasarkan hasil pemeriksaan para saksi, ditemukan obat serangga yang dibungkus plastik berwarna biru tosca bertuliskan insektisida di samping racikan jamu tradisional yang diminum kedua korban.

"Di sudut-sudut ruangan rumah itu ada banyak semut. Nah, ketika selesai dipakai, obat serangga itu ditaruh di meja kamar pengantin dekat racikan jamu," ungkapnya, Selasa (3/4), dikutip dari Kompas.com.

"Dari situlah peristiwa nahas terjadi karena sewaktu mengaduk jamu dikira obat serangga itu adalah bagian dari bahan racikan. Obat serangga diduga dicampurkan," ucapnya. 

Baca juga: Wajib Disimak, Minum Ayamnya Punya Manfaat Bagi Kita Sekeluarga

Onkoseno menyampaikan, kejadian bermula saat Manisih ikut meracik jamu kemudian meminta Umi untuk meminumnya. 

Saat itu, Umi merasa janggal karena jamu berwarna biru kecoklatan tidak seperti biasanya. Setelah diminum empat teguk, Umi merasakan pahit yang luar biasa.

Umi langsung berhenti meminum jamu. Saat itu Manisih menasehatinya supaya dibiasakan meminum jamu. 

Seketika itu pula Manisih memberi contoh dengan berupaya menghabiskan jamu tersebut.