Viral Video Motor Melaju Bebas Karena Rem Blong, Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Peristiwa Serupa

By Amanda Hanaria, Selasa, 17 April 2018 | 05:00 WIB
Viral Video Motor Melaju Bebas Karena Rem Blong (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Viralnya video meluncurnya sebuah sepeda motor skutik di jalan turunan yang sempat menghebohkan warganet di sosial media, sepertinya jadi peringatan buat kita yang gemar berkendara dengan sepeda motor.

Selain wajib melengkapi diri dengan pengamanan seperti menggunakan helm, jaket, dan sarung tangan, tentunya kita juga perlu memperhatikan keoptimalan kendaraan itu sendiri.

Dilansir dari Kompas.com, jika tiba-tiba kita mengalami hal serupa, upaya yang perlu kita lakukan adalah dengan memperlambat laju di motor skutik (gas), terutama dengan cara engine brake.

Baca juga: Wah, Ternyata Inilah 7 Manfaat Minyak Mustard bagi Kesehatan! Nomor 4 Pas untuk Musim Hujan

"Bagi orang awam agar dipahami, skutik juga punya engine brake meski tidak seoptimal motor transmisi manual. Untuk proses perlambatan baik di turunan maupaun jalan biasa sebenarnya sama," ucap Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), dikutip NOVA.id dari Kompas.com, Selasa (17/4).

Jusri juga memperingatkan pengendara untuk merubah mindset soal mengerem saat mulai memasuki turunan.

Sebaliknya, menurutnya pengeraman jauh sebelum melewati turunan justru akan menghindarkan kita dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, terutama rem blong.

"Selain itu usahakan ubah mindset pengendara. Jangan baru melakukan pengereman saat masuk turunan. Lakukan jauh sebelum turunan, perlambat laju motor," ucap Jusri. 

Baca juga: Sebelum Celaka, Ternyata Sang Sopir Bus Sudah Tau Soal Rem Blong

Maka ketika di jalanan menurun pengendara dapat melakukan pengereman yang merata. 

Pertama di rem depan, lalu belakang. Bagi kerja kedua rem agar tidak ada dominan serta tidak menutup tuas gas secara penuh. 

"Jangan tarik rem saat berbelok, bisa terjatuh. Intinya gunakan pandangan mata dan pengetahuan mengenai rute dalam perjalanan. Kita antisipasi jauh sebelum turunan," tambahnya.