6 Sosok Perempuan Terpopuler Versi Media Massa, dari Kalangan Menteri hingga Ayu Ting Ting

By Amanda Hanaria, Senin, 23 April 2018 | 14:30 WIB
Sosok-sosok perempuan terpopuler di media massa (Amanda Hanaria)

NOVA.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi tokoh perempuan Indonesia terpegah (termasyur-top person) dan paling berpengaruh (top influencer) di media massa dalam satu tahun terakhir. 

Riset Indonesia Indicator (I2) sepanjang 1 April 2017 hingga 1 April 2018, dari sekitar 11 juta berita yang diwartakan 3.364 media online berbahasa Indonesia, hanya 104 figur perempuan dari 2.000 nama yang muncul dalam pemberitaan media di tanah air.  Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang mengatakan, porsi pemberitaan figur perempuan di media hanya menempati porsi 5 persen dibanding figur laki-laki. 

Baca juga: Nagita Slavina Tetap Pilih Bekerja Dibandingkan Berdiam Diri di Rumah dan Mengandalkan Uang Suami

Kondisi itu tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. 

“Rasio pemberitaan media tentang perempuan dan laki-laki 1:18. Berarti, dari 18 nama yang diberitakan media rata-rata hanya memunculkan satu nama perempuan,” ujar Rustika dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (23/4). 

1. Sri Mulyani

Indicator Indonesia mencatat, nama-nama perempuan yang kerap tampil di media, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menduduki posisi teratas. 

Ia diberitakan media sebanyak 40.326 kali. 

Baca juga: Waduh! Sri Mulyani Dianggap Tak Layak Jadi Menteri Keuangan Terbaik di Dunia

"Dengan demikian, dalam sehari rata-rata Sri Mulyani diberitakan sebanyak 112 kali,”  kata Rustika.

2. Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menempati posisi kedua tokoh perempuan terpegah di media.  Megawati diberitakan media sebanyak 33.376 kali dalam setahun terakhir.