Duh, Kebiasaan Menyilangkan Kaki Bisa Bikin Kena Varises, Ini Penjelasannya

By , Rabu, 25 April 2018 | 10:00 WIB
Bahaya menyilangkan kaki (Nova)

NOVA.id - Varises merupakan salah satu penyakit yang disebabkan adanya pelebaran pada pembuluh darah vena.

Meski terlihat sepele, namun varises membutuhkan penanganan yang tepat, loh!

Apabila terus dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada jantung hingga kematian.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-23, Intip Cantiknya Gigi Hadid dengan Busana Bernuansa Emas

Untuk mencegah terjadinya varises di usia produktif, dr. Achmad Faisal, Sp. BTKV, Dokter Spesialis Thorax dan Kardiovaskular, Rumah Sakit Pondok Indah, menyarankan agar melakukan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga.

Selain itu, dr. Achmad Faisal pun menyarankan untuk mengurangi beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan varises, yakni duduk dengan menyilangkan kaki.

"Sebab, bagian tengkuk kaki bisa tertekan oleh lutut kita, sehingga menghambat aliran balik. Begitu juga kebiasaan laki-laki yang menyilangkan kakinya bisa membuat aliran balik darah terhambat," jelasnya.

Baca juga: Meski Sudah Terjaga Kebersihannya, Kita Wajib Waspada Saat Anak Bermain dengan Kucing, Ini Daftar Penyakit yang Bisa Menyerang Anak

dr. Achmad Faisal menjelaskan bahwa sah-sah saja menyilangkan kaki, namun sebaiknya jangan dilakukan terus menerus hingga seharian.

Diperlukan adanya interfal atau jeda agar alirab balik pada kaki tetap lancar.

"Proses aliran darah itu kan sekitar dua jam, jadi sebaiknya jangan menyilangkan kaki melebihi 2 jam. Setelah duduk atau berdiri selama 2 jam sebaiknya jalan-jalan dulu dan melakukan peregangan agar aliran darah lancar," jelasnya. (*)