Gurame Saus Acar Asam Manis, Sajian Lezat dan Pas di Momen Libur

By Healza Kurnia, Rabu, 27 Juni 2018 | 11:00 WIB
Sajian nikmat nan lezat gurame saus acar asam manis (Fadoli Barbathully/NOVA)

NOVA.id - Bagi para pekerja yang sibuk di hari kerja, hari libur menjadi momen yang mengasyikkan untuk kumpul bersama keluarga.

Sajian menu yang lezat dan nikmat pun bisa menjadi elemen penting saat kumpul bersama keluarga.

Menyantap makanan bersama keluarga juga bisa membagkitkan harmonisasi di dalam keluarga ketika momen libur seperti ini.

Oleh karenanya, menu gurame goreng saus acar asam manis bisa menjadi menu pilihan yang bisa dihadirkan di meja makan dan menyantap hidangan ini dengan lahap.

Nah, ingin membuat menu lezat nan sedap ini? Berikut ini resep selengkapnya.

Baca juga: Tak Perlu ke Salon untuk Merawat Kaki di Musim Hujan, Ini Cara Mudah yang Bisa Diikuti

Bahan:2 ekor ikan gurame ukuran sedang, kerat-kerat2 sdt air jeruk nipis½ sdt garam1 cm jahe, diparut½ bh bawang bombai, iris panjang2 siung bawang putih, cincang kasar2 sdm saus tomat½ sdt garam½ sdt gula pasir¼ sdt merica bubuk150 ml air½ sdt maizena dan 1 sdt air untuk mengentalkan2 sdm minyak goreng minyak untuk menggoreng

Saus Acar:100 g wortel, potong korek api100 g mentimun, buang biji, potong ½ lingkaran6 bh cabai rawit merah, potongpotong4 bh bawang merah, potong 2 bagian½ sdt garam½ sdm gula pasir½ sdm cuka

Baca juga: Baim Wong Ungkap Alasannya Bisa Dekat dengan Paula Verhoeven

Cara Membuat:1. Aduk rata bahan acar. Diamkan 30 menit. Sisihkan.2. Lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis, garam, dan jahe. Diamkan 15 menit.3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.4. Panaskan minyak. Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan saus tomat, garam, merica dan gula pasir, aduk rata. Tuang air. Biarkan mendidih.5. Kentalkan dengan larutan maizena. Tambahkan acar, aduk rata. Siramkan ke atas ikan.

Bagaimana, mudah kan untuk membuat menu spesial dan disantap bersama keluarga? Selamat mencoba!(*)

(Dahrani Putri)