Bergizi, Ini Makanan Sederhana Terfavorit BJ Habibie dan Ainun Habibie

By Alsabrina, Jumat, 20 Juli 2018 | 10:15 WIB
BJ Habibie (dok. nova.id)

 

NOVA.id – Pemenuhan kebutuhan nutrisi yang seimbang sejak kecil menjadi salah satu faktor kunci agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi orang yang cerdas, kuat dan siap bersaing dengan negara-negara lain.

Salah satunya bertemu dengan sosok inspiratif, yakni Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden Ke-3 Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, Eyang Habibie bercerita banyak mengenai hidup sehat. Eyang Habibie mengungkapkan bahwa ia senang makan makanan yang bergizi seperti ikan dan sayur.

Baca juga: Ingin Buat Nugget Berbeda? Bikin Saja Nugget Ikan Dori, Ini Resepnya

Bahkan, sewaktu tinggal di Jerman pun, Eyang Habibie tetap mencari nasi dan ikan untuk santapannya.

“Saya suka ikan, tapi dicampur makan sehat lainnya seperti sayur terus banyak minum air putih sama susu juga," tutur Eyang Habibie.

Eyang Habibie juga bercerita bahwa (Almh.) Ibu Ainun pun menyukai ikan.

“Ibu Ainun dari Jawa, jadi seringnya ikan digoreng. Sedangkan eyang dari Bugis, Sulawesi. Di Sulawesi, ikan bisa dibakar dan dibuat sup. Nah, Ibu Ainun suka menggabungkan cara orang Bugis dengan selera ibu yang dari Jawa,” ujar Eyang Habibie sambil tersenyum.

Baca juga: Agar Nutrisinya Bisa Kita Manfaatkan, Inilah 4 Cara Memilih Ikan Sebelum Mengolahnya Jadi Sajian Nikmat

Tak hanya ikan yang menjadi makanan kesukaan Eyang Habibie. Masakan tradisional khas Bugis pun jadi kegemaran.

Salah satunya adalah Barongko, camilan dari pisang yang dihaluskan dan dicampur sejumlah bahan lain dan dibungkus dengan daun pisang. Ya, Barongko menjadi makanan yang dicari Eyang Habibie.