5 Cara Kelola Gaji Pas-pasan agar Hasrat Traveling Tetap Tersalurkan

By Nova.id, Rabu, 8 Agustus 2018 | 09:30 WIB
Mengatur keuangan (dok. pexels.com)

NOVA.id – Tak bisa dipungkiri, traveling telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat terutama di kota besar.

Keinginan untuk mendatangi tempat baru, berbagi kisah melalui foto yang dibagikan di media sosial, mendapat pengalaman bertemu orang-orang baru menjadi sejumlah alasan untuk jalan-jalan.

Dari hasil sejumlah riset, mayoritas penikmat traveling ini adalah generasi milenial. Termasuk, mereka yang berada di usia produktif dan memiliki pekerjaan dengan pendapatan yang mendukung hobi tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengelola gaji tersebut agar bisa tetap jalan-jalan tapi tentu tetap bisa menabung?

Apabila kita belum memiliki rencana ke depan seperti membeli kendaraan, rumah, investasi dan sebagainya, biasanya penggunaan uang kita hanya dialokasikan untuk kebutuhan dan keinginan jangka pendek seperti kebutuhan sehari-hari hingga agenda traveling. Dengan begitu dana untuk kebutuhan jangka panjang belum mulai untuk disisihkan.

Agar hobi tetap bisa dilakukan tapi tabungan juga terkendali, ini yang harus dilakukan.

Pakar keuangan Tejasari CFP dari Tatadana Consulting mengatakan sebaiknya mereka yang berada di usia produktif mulai membuat rencana keuangan dengan sejumlah skema. Baik jangka panjang maupun pendek.

Baca juga: Ini 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Menguntungkan loh!

1. Buatlah beberapa tujuan keuangan yang ingin dicapai

Bayangkan kapan tujuan tersebut ingin dicapai dan berapa dana yang dibutuhkan. Contoh dari tujuan keuangan, misalnya ingin memiliki modal untuk membuat bisnis sebesar Rp. 200 juta dalam waktu 5 tahun lagi.

Atau, bisa juga dalam waktu lebih panjang, misalnya ingin mulai menabung untuk naik haji yang diperkirakan akan dilakukan 15 tahun lagi, menggunakan ONH Plus dengan perkiraan biaya saat ini sebesar Rp100 juta.

Setiap orang tentunya memiliki tujuan keuangan yang bermacam-macam.

Tujuan keuangan yang umumnya ingin dicapai oleh banyak orang, misalnya memiliki dana pensiun, dana untuk modal bisnis, memiliki rumah dan kendaraan, perjalanan ibadah, dana pendidikan anak, persiapan biaya menikah untuk yang masih lajang, mengalokasikan dana kesehatan dan lain lain.

Baca juga: Simak Ramalan Cinta Terbaru, Aries Jangan Habiskan Uang untuk Hal Ini