6 Fakta Unik Tentang Pramuka yang Belum Banyak Diketahui Orang

By Alsabrina, Selasa, 14 Agustus 2018 | 11:42 WIB
Fakta Unik Pramuka (bauhaus1000)

NOVA.id – Selamat Hari Pramuka, Sahabat Nova! Tepat pada hari ini, 14 Agustus 2018, Pramuka merayakan hari jadinya yang ke-57.

Mungkin, masih banyak yang belum mengetahui seluk beluk Pramuka. Padahal, sudah 57 tahun Pramuka berdiri dan turut menyumbangkan sejarah juga di Indonesia.

Berikut ini 6 fakta tentang Pramuka yang belum banyak diketahui orang.

  1. Bapak Pramuka

Robert Stephenson Smyth Baden-Powell adalah seorang tentara Inggris. Jabatannya pun tak main-main, yakni seorang letnan jenderal.

Saat sedang dinas di Afrika, Baden-Powell mendapat inspirasi membuat materi kepanduan dan ketika kembali ke Inggris, Ia membuat satu perkemahan dan dari sanalah Pramuka tercetus.

Hal tersebut membuatnya mendapat julukan Bapak Pramuka.

Baca juga: Demi Ayahnya, Gadis 15 Tahun Ini Rela Menjadi Sapi dan Dinaiki Orang

  1. Diperkenalkan oleh Belanda

Pramuka sendiri lahir di Inggris. Namun, di Indonesia sendiri, Pramuka diperkenalkan oleh Belanda. Pramuka berawal dari Nationale Padvinderij Organisatie (NPO), sebuah organisasi kepanduan Belanda, yang didirikan di Bandung.

  1. Jambore pertama

Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Jambore pertama di dunia dilaksanakan di Inggris pada tahun 1920 dan diikuti 8.000 peserta dari 34 negara di dunia.

Baca juga: Miss V Terluka Saat Bercinta? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Menghindarinya