Ini Waktu Terbaik Bagi Kita untuk Deteksi Kanker Payudara Tanpa Harus ke Dokter

By Alsabrina, Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:09 WIB
Waktu terbaik untuk mendeteksi dini kanker payudara (SementsovaLesia)

NOVA.id – Apa yang ada dibenak Sahabat Nova ketika mendengar kata kanker? Mungkin, sebagian besar pasti akan merasa takut. Bahkan, tak jarang bayang-bayang kematian menerjang.

Namun, selalu ada harapan untuk hidup apabila kita awareness dari awal. Sama halnya dengan deteksi dini kanker payudara.

Baca juga: Duh! Generasi Milenial Lebih Mungkin Berisiko Mengalami Kanker Ini

Biasanya, kita cenderung akan langsung pergi ke dokter untuk memeriksa apakah ada kemungkinan kanker payudara bersarang di dalam tubuh,

Namun tanpa harus ke dokter, ada cara deteksi dini kanker payudara yang bisa dilakukan sendiri loh!

Madelina Mutia, breast cancer survivor sekaligus salah satu pendiri Lovepink Indonesia mengungkapkan bahwa ada cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara, yakni dengan mencermati bila ada perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara, pembengkakan, dan/atau perubahan pada puting.

Atau bisa juga dengan cara memijat bagian payudara untuk mengetahui ada benjolan atau tidak.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk deteksi kanker payudara? Memeriksa kemungkinan kanker payudara bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali, yaitu pada saat hari ke-7 menstruasi.

Baca juga: Inilah Ciri-Ciri Pria yang Bisa Menularkan HPV Penyebab Kanker Serviks

Apabila hari ini Sahabat Nova sedang menstruasi, seminggu kemudian dapat dilakukan mendeteksi dini dengan cara memijat payudara.

Seperti yang dikemukakan oleh Mutia, hormon pada hari ke-7 menstruasi cenderung sudah stabil dibandingkan hari-hari sebelum menstruasi di mana biasanya kita sedang mengalami PMS.

Dapat dikatakan, hari ke-7 menstruasi inilah menjadi waktu terbaik ketika kita ingin memeriksa payudara.

Yuk, rutin periksa payudara sendiri guna mendeteksi dini kanker payudara.