NOVA.id - Dunia digital dan semakin pesatnya penggunaan gadget di masyarakat membuat beragam platform dan aplikasi ternama di dunia terus berinovasi termasuk Line dalam mewujudkan masyarakat yang kreatif, inovatif dan kompetitif.
Oleh karena itu, Line Indonesia meluncurkan sebuah kompetisi digital dan kreatif terbesar yakni Line Creativate 2018 yang telah memasuki tahun keempatnya.
Di tahun 2018 ini, Line Creativate 2018 menghadirkan tampilan terbaru di bawah tema baru yaitu "Bangga Indonesia".
(Baca juga: Kejam! Seorang Ibu Membunuh Anak Balitanya dan Disimpan dalam Ransel)
"Hal ini tentunya untuk meningkatkan relevansi dengan masyarakat lebih luas dan berkomitmen untuk mempersembahkan konten yang lebih kaya dengan memunculkan kategori kompetisi terbaru yakni Line Shopping Business Competition, Line Today Video Creation serta Line Game Let's Get Rich," ujar Managing Director LineIndonesia, Dale Kim saat memberikan sambutannya di Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan siang tadi (27/08).
Dale, begitu ia disapa juga menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah kelanjutan dari tema-tema sebelumnya yakni seperti "Unjuk Indonesia Kreatif".
Sehingga, dirinya ingin Line terus mendorong para pencipta untuk menunjukkan dan mengekspresikan kreatifitas mereka.
(Baca juga: Kejam! Seorang Ibu Membunuh Anak Balitanya dan Disimpan dalam Ransel)
Tak hanya itu saja, melalui "Bangga Indonesia" Dale berharap Line bisa memacu bukan saja para penciopta, tapi juga semua generasi muda Indonesia untuk merayakan dan mengapresiasi karya cipta dan pencapaian bakat-bakat Indonesia.
"Maka itulah alasan kami di tahun ini kami ingin menghadirkan konten yang lebih segar dan beraneka ragam agar bergema ke lebih banyak orang," tuturnya.
Selain itu, kepada NOVA, Dale memaparkan bahwa kompetisi ini akan berpuncak pada perayaan Line Creativate pada 16-18 November mendatang.
(Baca juga: Kejam! Seorang Ibu Membunuh Anak Balitanya dan Disimpan dalam Ransel)
Untuk periode pengumpulan karya, ia juga menjabarkan bahwa sebagian besar akan dimulai dari akhir Agustus sampai akhir Oktober nanti.
"Khususnya untuk Webtoon akan dimulai pada tanggal 1 September. Sedangkan Chat Bot akan lebih awal yakni 7 Oktober dan Line Let's Get Rich memiliki waktu tenggat yang berbeda yaitu mulai 1 September - 18 November 2018," imbuhnya.
Sementara itu, di kesempatan yang sama, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia sangat memberikan dukungan kepada Line Creativate 2018 dalam mewujudkan cita-citanya sebagai paltform digital yang mewadahi para kreator bangsa.
(Baca juga: Aksi Jojo di Babak Semifinal Bikin Deg-degan, dari Mengelap Lantai hingga Lempar Baju)
"Line memang menjadi salah satu wadah kreatif penting yang membantu mengembangkan ekosistem kreatif di Indonesia dan ini telah dibuktikan dengan kesuksesan para kreator yang berhasil menggunakan platform ini dalam berkreasi dan menambah penghasilan serta menjadi poin penting dalam perputaran ekonomi masyarakat," bebernya kepada media.
Dengan adanya kategori kompetisi baru ini, Ari sapaan akrabnya berharap bahwa lebih banyak bakat-bakat lokal bisa turut berpartisipasi di Line Creativate 2018.
"Nantinya bagi mereka yang telah menciptakan karya-karyanya, BEKRAF akan mensupport penuh dalam hal pengurusan HAKI yang membantu para pencipta dalam mengembangkan dan memperluas kreasi mereka," terang dia.
(Baca juga: Meski Alami Kelainan Gen, Gadis Ini Tetap Percaya Diri Jadi Model)
Nantinya, dalam Line Creativate 2018 ini akan ada 6 kompetisi yang dipertandingkan yakni kompetisi komik Line Webtoon, kompetisi Line Stickers, Line Chatbot, kompetisi Rencana Bisnis Line Shopping, Kreasi Video Line Today, dan Line Game Let's Get Rich.
Tentunya, pihak Line sendiri telah menyiapkan hadiah total 800-an juta lebih untuk para pemenang yang berhasil menjadi pemenang di kompetisi ini.
Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan mekanisme, dapat diakses melalui linecreativate.com dan Line Creativate Official Account.(*)