Wah, Ternyata Ini Alasan Mengapa Saat Berenang Kita Sering Alami Kram

By Healza Kurnia, Kamis, 30 Agustus 2018 | 22:00 WIB
Dharma Putra, salah satu trainer di Fitness First Platinum Grand Indonesia | NOVA.id | Healza ( NOVA.id | Healza)

NOVA.id - Berenang merupakan salah satu bagian dari olahraga yang menyenangkan.Namun, Sahabat NOVA juga perlu tahu jika berenang bisa menjadi ancaman bagi nyawa kita bila tidak dilakukan dengan langkah-langkah yang benar.Saat ditemui NOVA di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat sore kemarin (29/8), Dharma Putra, salah satu trainer di Fitness First Platinum Grand Indonesia mengatakan bahwa dalam berenang kita juga harus tahu dengan porsi kekuatan tubuh kita.

(Baca juga: Lakukan Operasi Angkat Bokong agar Cantik, Perempuan Ini Meninggal Dunia)

"Biasanya orang-orang itu pas lihat air langsung nyebur aja ke kolam, padahal mereka belum melakukan pemanasan atau peregangan dulu, ini yang sering terjadi dan akhirnya saat berenang tiba-tiba kram," ujarnya.Dee, sapaan akrabnya, menjelaskan jika banyak orang menyepelekan satu hal yang penting saat berenang, yakni pemanasan.

(Baca juga: Kocak! Jonatan Christe Ungkap Alasannya Lakukan Selebrasi Buka Baju)"Kan suhu tubuh waktu di daratan dengan air beda ya, belum lagi kondisi air dalam kondisi hangat atau dingin, jadi kita perlu pemanasan itu tadi," tutur dia.Dee menambahkan pemanasan tak hanya membuat suhu tubuh kita lebih mudah beradaptasi, namun otot-otot yang akan digunakan saat berada di dalam air bisa lebih rileks. (*)