NOVA.id – Perempuan Indonesia kian menjadi sorotan dan memegang peranan strategis, apalagi perempuan juga mendominasi dalam hal jumlah populasi.
Menurut catatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik dan United Nations Population Fund, dari total 265 juta jiwa penduduk Indonesia tahun 2018, sebanyak 131, 88 juta jiwa berjenis kelamin perempuan.
Tentu saja hal ini menjadi kekuatan yang tidak bisa lagi dipandang sebelah mata dalam menentukan kemajuan bangsa ini.
Baca Juga : Mesranya, Ini Momen Bobby Nasution Suami Kahiyang Saat Kecup Putrinya
Kesempatan yang luas dan dorongan berkembang pada perempuan Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, rupanya memberikan pengaruh besar bagi kemandirian dan kesejahteraan perempuan.
Contohnya, dari sisi jumlah entrepreneur perempuan telah meningkat drastis.
Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri menyebutkan, tahun 2017 jumlah wirausahawan perempuan di Indonesia sudah mencapai 14,3 juta orang.
Baca Juga : Cantik! Ini 5 Inspirasi Gaya Lisa Blackpink dari Girly Hingga Tomboy
Jumlah tersebut meningkat sebesar 1,6 juta dari tahun sebelumnya yang berjumlah 12,7 juta.
Selain itu, dari sisi jumlah pelaku usaha, tingkat partisipasi perempuan dalam ketenagakerjaan juga mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.
Dari 48,87 persen naik menjadi 55,04 persen.
Baca Juga : Kenakan Sendal Jepit, Pasha Ungu Rela Jadi Sopir Demi Antar Bantuan ke Warga Palu, Panutan!
Ditambah, pemakaian teknologi juga sudah begitu mudah untuk diakses, yang membuat perempuan juga bisa membuat usaha rumahan.
Dengan kekuatan online yang bisa dengan mudah diakses melalui smartphone, perempuan bisa sangat mampu membantu suami dalam mencukupi perekenomian keluarga.
“Perempuan harus mandiri. Kita tidak tahu apa yang bakal terjadi menimpa suami kita ke depannya. Jika istri mandiri dan tahu bagaimana mendapatkan uang dengan baik, Insya Allah perekonomian keluarga bisa dilanjutkan tanpa ada sesuatu yang mengganggu,” ujar Presiden Direktur K-Link.
Baca Juga : Pertama Kali! John Legend Lakukan Kolaborasi Dengan Artis Korea!
Melihat perempuan banyak melakukan usaha untuk menyeimbangi perekonomian, beragam acara pun dihadirkan untuk membantu mereka agar lebih berani, dan mandiri lagi dalam berbisnis.
Salah satunya, Boot Camp dari Ladies Beauty Club K-link.
Tujuannya sederhana yakni untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan perempuan Indonesia.
Melalui berbagai program pelatihan peningkatan ketrampilan hidup (life skill) dan pengembangan mentalitas entrepreneurship yang dilakukan secara simultan di berbagai daerah. (*)
Tentry Yudvi