Ingat! Jangan Lupakan 4 Hal Ini Ketika Menjadi Pemimpin, Apa Saja?

By Healza Kurnia, Kamis, 11 Oktober 2018 | 07:00 WIB
Pemaparan hasil survey tentang (Healza Kurnia/NOVA)

NOVA.id - Sebuah perusahaan bisa berkembang luas dan meningkat pesat seringkali dihubungkan dengan kompetensi dan kinerja yang dimiliki oleh seluruh karyawannya.

Namun, bagi kita yang memiliki perusahaan atau mempunyai bisnis sendiri, kita juga harus paham bahwa ternyata sebagai owner atau pemimpin perusahaan kita juga berperan penting terhadap motivasi dan kineja karyawannya, termasuk pemimpin di kantor.

"Memang kebanyakan pemimpin percaya bahwa mereka sudah cukup kompeten dalam memimpin perusahaan atau organisasinya, sayangnya tanpa disadari ada beberapa perilaku yang tanpa disadari berdampak negatif bagi orang yang mereka pimpin," ungkap Joshua Siregar, Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia saat memaparkan hasil risetnya di Ayana Midplaza Indonesia Rabu (10/10) siang ini.

Baca Juga : Vino G. Bastian Angkat Keranda Jenazah Nita, Tangis Indro Warkop Pecah

Kepada NOVA, pria yang akrab disapa Joshua ini menjelaskan bahwa beberapa perilaku yang tak disadari inilah yang disebut dengan "titik buta". 

Ada 4 perilaku yang menjadi titik buta kepemimpinan yakni menunjukkan apresiasi, mengakui ketika salah, sungguh-sungguh mendengarkan, dan kejujuran pada diri sendiri serta orang lain.

"Ini dia yang ternyata yang membuat para karyawan menjadi tidak puas dengan tindakan pemimpinnya tersebut karena banyak yang tidak memberikan apresiasi, mengakui ketika salah, konsisten ketika mendengarkan, hingga kurangnya kejujuran dari pemimpinnya," ujarnya.

Baca Juga : Afgan Unggah Foto Mesra di Ultah Rossa ke-40, Ini yang Dilakukan Rossa