9 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Menjual Mobil Bekas agar Mendapat Harga Tinggi

By Alsabrina, Selasa, 13 November 2018 | 09:00 WIB
9 Langkah Menjual Mobil agar Mendapat Harga Tinggi (BrianAJackson)

NOVA.id – Banyaknya jenis dan tipe mobil baru bermunculan—lengkap dengan fitur-fitur termutakhir yang dibutuhkan keluarga—memang kadang menggoda kita mengganti mobil yang lama. Syukur-syukur ada bujet lebih untuk langsung beli dan menambah. Kalau tidak?

Menjual yang lama demi kehadiran si mobil baru tentu jadi solusi ampuh. Sayang, harga jual bisa jadi tak setinggi ekspektasi. Faktornya banyak, mulai dari kondisi tampilan hingga mesin.

Sebelum kita merugi saat hendak menjualnya nanti, ada beberapa tips yang bisa kita ikuti. Perhatikan dari sekarang agar ketika hati ingin menjual si mobil, harganya tak sampai bikin keki. 

Ini dia 9 hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjual mobil bekas agar mendapat harga tinggi.

Baca Juga : Bikin Lina Menyesal Cerai, Segini Harta Kekayaan Sule yang Lebihi Raffi Ahmad dan Syahrini!

  1. Jaga Eksterior

Baju dengan jahitan yang tidak rapi saja tentu bikin kita ogah membeli. Apalagi mobil dengan bodi yang tak lagi kinclong atau mulus?

Triknya, mulailah rajin lakukan perawatan rutin si roda empat. Mencuci, memoles, bahkan bila perlu, Kita juga bisa membawa mobil ke car spa. Biar ketika dijual, tampilannya tetap apik nan menggoda.

  1. Rawat Interior

Untuk beberapa jenis mobil, kondisi interior menjadi poin penting di atas kondisi eksterior. Sebab, terkadang ada komponen-komponen interior yang sulit dicari apabila rusak atau hilang.

Dengan merawat kebersihan dan kerapian interior, calon pembeli juga bisa menilai karakter pemilik sebelumnya.

 Baca Juga : Lelah Disebut Pelakor, Jeritan Hati Mulan Jameela: Mas Dhani Punya Alasan Menikahi Saya

  1. Kondisi Mesin

Di luar eksterior atau interior, kondisi mesin tentu jadi yang terpenting. Karena mobil akan memiliki nilai jual lebih baik apabila kondisi mesin tidak bermasalah.

Sekalipun keinginan menjual mobil kini belum timbul, ada baiknya kita tetap menjaga kondisi mesin dengan perawatan servis rutin dan menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi. Jangan lupa, rajinlah mengganti part atau komponen mesin yang sudah perlu diganti.

  1. Kelengkapan Surat

Sebelum menjual, pastikan kembali kelengkapan surat-surat mobil kita dengan pajak yang masih hidup sebagai legalitas mobil tersebut. Kelengkapan buku manual dan riwayat servis juga menjadi nilai tambah harga jual mobil kita.

Baca Juga : Mobil Sering di Rumah? Jangan Lupa Selalu Cek 4 Hal Ini Supaya Awet!