NOVA.id – Mudik Lebaran 2019 sebentar lagi akan tiba, kita pun sedang mempersiapkan beragam destinasi yang bisa disinggahi selama pulang kampung.
Sudah pasti, ajang mudik Lebaran 2019 ini akan menjadi momentum besar bagi kita dalam berwisata bersama sanak saudara dan keluarga.
Oleh karena itu, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia optimis jika mudik Lebaran menjadi salah satu upaya untuk pemerataan ekonomi masyarakat di daerah, khususnya kawasan yang dilewati oleh para pemudik.
Baca Juga: 2 Tahun Halangi Tsania Marwa Bertemu Buah Hati, Atalarik Syach: Saya Tidak Percaya Dia Ngurus Anak!
“Total ada 20 juta pergerakaan orang saat mudik. Ini tentu akan menyejahterakan masyarakat di daerah,” kata Menpar Arief Yahya.
Arief Yahya menjelaskan, saat Ramadan otomatis terdapat jumlah penurunan wisatawan nusantara (wisnus) sekitar 50 persen.
Tercatat rata-rata pergerakan wisnus perbulan 20 juta, tetapi saat Ramadan turun menjadi 10 juta.
Memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik diperkirakan mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadan-Lebaran bisa terjadi pegerakan 30 juta wisnus atau naik 150 persen.
“Terjadi pergerakan uang selama Ramadan-Lebaran diperkirakan Rp800 ribu perorang untuk sekali visit. Atau diperkirakan ada Rp200 triliun dari 20 juta pergerakan wisatawan,” ujarnya.
Terlebih perputaran uang sebanyak itu bagus untuk pemerataan ekonomi.
Baca Juga: Diskon Lebaran 2019: ShopBack Berikan Cashback untuk Konsumen Hingga 5 Miliar Rupiah!
Kemenpar Usung Pesona Mudik 2019 untuk Sukseskan Pemerataan Ekonomi Nasional, Seperti Apa?
Menyikapi hal itu Kemenpar akan turut meramaikan fenomena mudik dan libur Lebaran tahun ini dengan mengadakan program Pesona Mudik 2019.
“Sebagian besar dampaknya ke sektor pariwsata. Karena saat mudik orang-orang pasti berburu kuliner. Tempat wisata penuh. Saya prediksi 60-70 persen ke pariwisata,” kata Menpar.
Program yang diluncurkan Kemenpar untuk menyambut mudik Lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019, Info 10 Top Kuliner dan Top 10 Destinasi Mudik, serta Pesona Mudik 2019 Co-Branding.
“Tahun ini, Kemenpar juga mengadakan lomba untuk kaum milenial yaitu lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019. Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur Lebaran,” jelas Arief Yahya.
Selain itu, tempat destinasi dan kuliner yang masuk dalam Top 10 Kuliner dan Top 10 Destinasi sendiri dipilih berdasarkan kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor, Google Maps, dan Google Local Guide.(*)
Penulis | : | Tentry Yudvi Dian Utami |
Editor | : | Winggi |
KOMENTAR