NOVA.id - Saat ini kecantikan seakan menjadi kompetisi di antara banyak perempuan.
Persaingan perempuan dalam hal kecantikan merupakan hal yang tidak sehat bahkan bisa menimbulkan tekanan tersendiri.
Oleh karena itu, merek perawatan kulit bergengsi dunia, SK-II memutuskan untuk berkolaborasi dengan atlet-atlet olimpiade ternama untuk mendeklarasikan kampanye #NOCOMPETITION.
Baca Juga: Terinspirasi Suminagashi, SK-II Luncurkan Facial Treatment
Kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk menghapuskan persaingan di dunia kecantikan.
Untuk menaklukan persaingan di dunia kecantikan, SK-II pun membuat seri animasi bertajuk VS.
Melalui enam seri, VS membawa cerita hidup nyata atlet-atlet olimpiade.
Baca Juga: John Legend dan Lagu Pittera SK-II Facial Treatment Essence di Jepang
Setiap film di seri VS karya SK-II Studio ini menjelaskan aspek yang berbeda-beda dari persaingan tidak sehat dalam dunia kecantikan saat ini.
Setiap seri dalam film animasi ini terdiri dari enam unsur kompetisi kecantikan yang sering melanda perempuan, yaitu trolls, tekanan, obsesi terhadap penampilan tertentu, peraturan, terebatasan, dan pola pikir seperti mesin.
Keenam unsur tersebut dianalogikan menjadi sebuah monster atau dalam bahasa Jepang disebut Kaiju.
Baca Juga: 6 Manfaat Kemangi untuk Kecantikan Kulit Kita, Cara Bikinnya Gampang!
Kaiju merupakan musuh dari setiap atlet yang harus dikalahkan untuk mendefinisikan cantik menurut versi mereka masing-masing.
Salah satu atlet olimpiade ternama yang yang berpartisipasi dalam seri animasi ini adalah Simone Biles.
Simon Biles turut menghebohkan peluncuran seri VS di Times Square, New York, Amerika Serikat.
Pada kesempatan itu, Simon akan berubah menjadi sebuah sosok menyerupai dirinya dalam bentuk animasi.
Simon akan memusnahkan kaijunya yang merupakan sebuah Beauty Troll King setinggi dua kaki yang terbuat dari komen dan cuitan dari beauty trolls sepanjang karirnya sebagai pesenam tentang bagaimana ia terlihat dan berperilaku.
Hal itu menjadi simbol pertarungan Biles melawan standar kecantikan dan beauty trolls, yang akan dipertontonkan di 41 digital billboards di Times Square.
Baca Juga: Fakta Soal Brand Kecantikan Milik Selena Gomez yang Baru Saja Rilis
Lagu tema seri itu pun akan dimainkan pada waktu yang bersamaan, ditulis dan dibawakan oleh John Legend yang berjudul Take A Look.
"Saya membagikan kisah hidup saya dengan para wanita dan perempuan muda yang pernah mengalami beauty trolling agar mereka tahu kalau mereka tidak sendirian dalam pertarungan melawan trolls dan standar kecantikan tidak sehat ini," kata Simon
"Ini sangatlah berarti bagiku untuk dapat menyampaikan pesan paling penting bahwa kita berhak mendefinisikan apa arti kecantikan sesuai versi kita sendiri. Tidak ada yang dapat mengatakan bagaimana kita harus berpenampilan, berperilaku dan merasa," tambahnya.
Baca Juga: Tak Cuma dari Luar, Merawat Kecantikan Juga Perlu Dilakukan dari Dalam, lo!
Simon juga bergabung dengan SK-II dalam mengunjungi Lower East Side Girls Club untuk membagikan perspektifnya akan standar kecantikan dengan para perempuan muda di sana.
Pembicaraan ini menaruh perhatian akan budaya tidak sehat seperti beauty shaming dan bagaimana isu beauty troll dapat muncul sejak dini, misalnya di SMA.
“Cantik bisa berupa banyak hal. Tapi satu hal yang tidak boleh, yaitu persaingan. Sebagai sebuah merek kecantikan, peran kami adalah untuk membangun kepercayaan diri dan menyebarkan hal-hal positif serta tidak menciptakan tekanan dan budaya tidak sehat,” kata Sandeep Seth, Chief Executive Officer, Global SK-II.
Penulis | : | Presi |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR