NOVA.id – Untuk punya kulit wajah dan badan yang sehat terawat, kita bisa melakukan berbagai cara.
Selain menjaga pola makan sehat dengan nutrisi seimbang, kita juga bisa merawat kulit kita dari luar dengan menggunakan produk yang tepat. Apalagi, kini banyak pilihan produk skincare lokal dengan kualitas yang maksimal.
Salah satunya, Kojicplankton, sabun yang berguna untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, memutihkan kulit, dan membuat kulit berkilau alias glowing.
Baca Juga: Saatnya Self-Care, Ini Produk Skincare Ikonis yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup
Kojicplankton merupakan salah satu produk kecantikan lokal yang menjual sabun kecantikan dan produk perawatan diri.
Konsep produk Kojicplankton mengusung Korean Style. Artinya, produk sabun ini asli karya anak bangsa, tapi berkualitas impor seperti produk-produk skincare Korea yang kini banyak digandrungi anak-anak muda.
“Hasil whitening atau pemutih sabun Kojicplankton bisa dilihat setelah 14 hari pemakaian,” jelas Sendi Siswanto, Direktur PT Hase Artha Graha yang menghadirkan Kojicplankton.
Baca Juga: Viral di 2021, Skincare Lokal Glowinc Potion Kampanyekan Tolak Diskriminasi Kecantikan
“Produk kami aman, karena sudah mengantongi izin BPOM, sertifikasi ISO 90001 dan sekarang dalam proses sertifikasi FDA,” tegas Sendi.
Jika sertifikasi FDA sudah dikantongi, menurutnya, produk Kojik Plankton bisa diekspor.
Negara tujuan ekspor yang diincar adalah ke Singapura dan Amerika Serikat. Pertimbangannya, kedua negara itu memiliki potensi pasar yang besar.
Baca Juga: Gonta-Ganti Skincare Bisa Timbulkan Bahaya, Muncul Masalah Kulit Baru!
Harga produk Kojicplankton dipatok Rp30 ribu untuk sabun wajah ukuran 40 gram dan Rp60 ribu untuk sabun badan ukuran 90 gram.
Sendi menargetkan penjualan 100 ribu pieces sabun Kojicplankton selama Agustus-September.
Dia optimistis tercapai karena produk ini diakuinya memiliki banyak keunggulan.
Baca Juga: Selain Skincare dan Asupan Nutrisi, Cara Ini Bisa Bikin Kulit Terawat
“Packaging produk Kojicplankton bergaya Korea Style juga dengan kemasan warna-warna pastel dan standing pouch bentuknya,” jelas Sendi.
“Sabun kami unik karena transparan dan di dalamnya seperti ada air menetes. Sehingga sulit dipalsukan. Kami memproduksi ini dengan trial and error dan penelitian mendalam,” ungkapnya.
Strategi pemasaran Kojicplankton memanfaatkan channel distribusi offline dan online.
Baca Juga: Aman Digunakan dalam Jangka Panjang, Skincare Bahan Alami Jadi Solusi
Untuk saluran offline, ada di jaringan pasar modern yakni Guardian dan Alfamart.
Sementera online melalui semua marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan lainnya.
“Selain itu, kami bekerja sama dengan influencer, selebgram dan blogger untuk mempromosikan produk,” dia menambahkan.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare Salicylic Acid Lokal yang Ampuh Hempas Jerawat
View this post on Instagram
Segmen pasar yang dibidik sabun Kojik Plankton adalah generasi muda baik wanita maupun pria. Dengan gaya kekinian, distribusi luas, harga terjangkau dan kualitas dapat diandalkan, Sendi optimistis bisa menaklukkan pasar milenial ini.
“Untuk meluaskan jaringan penjualan, kami membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mitra reseller. Kami berikan sistem reward menarik, bosnus dan support marketing bagi masyarakat yang tertarik bergabung,” kata Sendi yang mengawali bisnis kosmetik sejak usia 19 tahun ini.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare Lokal dengan Bahan Alami, Cocok untuk Pemula
Sendi bercerita bisnis kosmetika yang dia tekuni bermula dari Tulungagung, Jawa Timur sejak tahun 1990-an.
Berawal dari usaha rumahan membuat sabun, dia tidak menyangka kini bisnisnya berkembang pesat dengan memiliki dua pabrik, yaitu di Tulungagung dan TB. Simatupang, Jakarta dengan mempekerjakan puluhan karyawan.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Penulis | : | Dionysia Mayang Rintani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR