NOVA.id – Brand Choice Award 2022 baru saja digelar pada Rabu (31/8) kemarin di Ballroom Ayana Hotel, Jakarta.
Menariknya, melihat perkembangan dan penelitian brand yang cukup banyak menjamur di Indonesia, untuk pertama kalinya helatan akbar ini membagi penghargaan tersebut dalam dua fokus utama yakni Brand Choice Award For Mom & Kids 2022 dan Brand Choice Award For Health & Beauty 2022.
Digawangi oleh Infobrand.id yang bekerjasama dengan Tras N Co, dua penghargaan ini digelar guna menunjukkan antusiasme masyarakat dalam hal pemilihan brand yang biasa mereka gunakan sehari-hari.
Pasalnya menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun ada 4-5 juta anak lahir di Indonesia. Sementara Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada Desember 2021 jumlah penduduk usia anak 0-14 tahun mencapai 69 juta jiwa atau 25% dari total jumlah penduduk yang saat ini telah mencapai lebih dari 275 juta jiwa.
“Brand Choice Award For Mom & Kids 2022 merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kebutuhan Ibu & Anak yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen di Indonesia,” jelas Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.Id saat jumpa media di Ballroom Ayana Hotel, Jakarta, Rabu (31/8).
Sedangkan Brand Choice Award 2022 For Health & Beauty 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kesehatan dan kecantikan yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di Indonesia.
Tujuan dari penyelenggaraan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan yang telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen melalui channel marketplace di Indonesia.
“Melalui penghargaan ini diharapkan menambah kepercayaan konsumen dan calon konsumen dalam memilih, menggunakan, serta merekomendasikan produk dari suatu brand,” jelas Susilowati.
Sementara itu di kesempatan yang sama, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia menjelaskan, untuk melihat brand-brand pilihan Mom & Kids dan Health & Beauty, diberikan berdasarkan penilaian dengan pendekatan digital monitoring dengan mengacu kepada 3 parameter penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.
Dimana riset Brand Choice for Mom & Kids Index dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, yang dilakukan terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an brand ter-riset. Sedangkan riset Brand Choice for Health & Beauty Index, dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1000-an brand ter-riset.
Baca Juga: Ingin Kembangkan Produk Lokal, My Skin But Better Bawa 72 Brand Indonesia untuk Dikenalkan
Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dari dua penghargaan tersebut, brand-brand peraih penghargaan dinilai telah memenuhi tiga kriteria penilaian seperti, brand-brand ter-riset memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia.
Penulis | : | Siti Sarah Nurhayati |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR