NOVA.id - Sedang viral di media sosial terkait Es Teh Indonesia yang mengeluarkan somasi atas seorang pengguna Twitter.
Somasi tersebut dikeluarkan setelah seorang pengguna Twitter protes salah satu produk Es Teh Indonesia yang menurutnya terlalu manis.
Pengguna itu menyebut gula yang dimasukkan dalam produk Es Teh Indonesia berlebihan, bahkan bisa menyebabkan diabetes.
Kasus ini viral, di mana somasi yang dilayangkan Es Teh Indonesia menuai pro dan kontra dari masyarakat.
Ada yang merasa kritikan terlalu pedas, dan seharusnya bisa disampaikan dengan baik.
Di sisi lain ada yang menyayangkan sikap Es Teh Indonesia yang memberikan somasi atas kritikan konsumen.
Terlepas dari pro kontra tersebut, Sahabat NOVA yang mempunyai usaha tentu pernah mengalami dikritik oleh pelanggan, bukan?
Bagaimana caramu mengatasinya?
Berikut beberapa cara yang baik dalam merespons kritikan dari konsumen.
Baca Juga: Waspada! Ternyata Sering Alami Keputihan Bisa Jadi Pertanda Diabetes
1. Tetap Tenang
Kunci pertama yang harus dilakukan oleh pelaku usaha jika mendapatkan kritikan dari konsumen adalah, bersikap tenang.
Sikap tenang akan membuat kita lebih mampu menghadapi kritikan apapun dengan cara yang tepat dan tidak emosional.
Biasanya, kita juga akan jadi lebih terbuka dalam menerima masukan dari konsumen.
2. Tunjukkanlah Empatimu
Selanjutnya, tunjukkanlah empati ketika menerima kritikan dari konsumen, dengan cara menempatkan diri di posisi mereka.
Empati bisa ditunjukkan dengan meminta maaf atas kerugian yang dialami oleh konsumen.
3. Fokus Terhadap Konten Kritikan
Fokuslah pada isi dari kritikan yang disampaikan konsumen alih-alih bagaimana caranya menyampaikan.
Meski kasar, maksud konsumen memberikan kritik bisa saja baik dan berguna bagi kelangsungan usaha.
4. Menunjukkan Aksi
Apabila sudah paham pada kritik yang diberikan, tunjukkan aksimu dengan menawarkan solusi yang kiranya bisa langsung dieksekusi.
Atau, kamu juga bisa meminta konsumen menunggu proses perbaikan yang akan dilakukan.
5. Apresiasi Konsumen
Terakhir, berikan konsumen apresiasi atas kritik dan masukan yang diberikan, yakni dengan berterima kasih.
Sebagai ganti kerugian yang mereka alami, kamu juga bisa menawarkan diskon khusus untuk kunjungan/pembelian berikutnya.
Nah, itulah tadi beberapa cara pengusaha merespons kritikan dari konsumen.
Mudah-mudahan Sahabat NOVA sebagai pelaku usaha bisa mempraktikkannya dan mempertahankan pelanggan setia, ya.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Viral Kasus Es Teh Indonesia, Ini 5 Cara Bijak Jika Bisnis Dikritik Konsumen (*)
Rilis Inclusivision Project, Honda Beri Wadah Teman Color Blind Ekspresikan Diri
Penulis | : | Widyastuti |
Editor | : | Widyastuti |
KOMENTAR