NOVA.ID – Selain kosmetik dan skincare Korea, skincare asal Thailand juga banyak penggemarnya di Indonesia.
Mungkin Sahabat NOVA sudah tak asing lagi dengan bebapa brand kecantikan Thailand yang banyak muncul di media sosial.
Memang, saat ini Thailand tengah mengembangkan produksi dan memperluas merek-mereknya, termasuk di Indonesia.
Potensi yang kuat industri kecantikan Thailand tersebut akan diungkap dalam acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’ yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 25 Juli 2023 mendatang.
Ajang yang berupa seminar dan business matching ini akan menghadirkan para pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi asal Thailand, dan para undangan yang terdiri dari para importir dan distributor produk kosmetik dan personal care di Indonesia.
Setidaknya, dari Thailand akan hadir sekitar 18 pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi dengan berbagai merk.
Pada acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’, sebanyak 18 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand memastikan akan hadir.
Mereka adalah brand/merk ternama seperti pada kategori skin care yaitu In2it, Milk Plus, De Leaf Thanaka, Proud, Madelyn, Natural Serisin Premium, Mc Jabrial, Natural Medisilk Premium, P.O Care, Ustar-Signature, Milk.
Untuk kategori hair care akan hadir merk Biowoman dan Narose, dan dari body care akan hadir merk Fae and Mae serta Orchid Wonder.
Adapun untuk herbal aroma spray/perfume serta inhaler dengan merk Ayatana, Kiss Of Beauty dan Idogragrance.
Serta untuk cosmetic, beauty and spa akan hadir Pattrena dan Merry Cosmetic Laboratory.
Baca Juga: Diskon Terakhir di PRJ! Ini 5 Produk Kecantikan Dengan Harga Miring
Sedangkan dari Indonesia akan melibatkan pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi nasional, pemilik brand di industri kecantikan, para importir, asosiasi pengusaha spa, gabungan usaha nasional dari berbagai sektor, baik itu badan usaha milik swasta, koperasi maupun badan usaha milik pemerintah.
Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, produk kosmetik dan perawatan pribadi berkembang pesat.
Pertumbuhan yang kuat ini, di antaranya, karena adanya pergeseran generasi, yakni konsumen muda yang mulai memasuki pasar.
Pada saat yang sama, perubahan ini diperkuat oleh Internet dan media sosial, yang memiliki efek jangka panjang pada perilaku pembelian produk kecantikan.
Salah satu tren penting dalam pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand adalah peningkatan penjualan online. Pada tahun 2023, diperkirakan bahwa 11,8 persen dari total pendapatan di pasar ini akan dihasilkan melalui penjualan online.
Lantas, bagaimana industri kecantikan Indonesia dengan adanya perkembangan merek Thailand di Tanah Air?
Menurut Hataichanok Sivara, peluang kerjasama antara Thailand dan Indonesia di sektor kosmetik dan perawatan pribadi sangat menarik mengingat pertumbuhan yang pesat di kedua negara tersebut.
Meskipun keduanya adalah pesaing dalam industri ini, kerjasama antar kedua negara dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan dan mendorong pertumbuhan yang lebih besar.
Salah satu peluang kerjasama yang dapat dieksplorasi adalah pertukaran pengetahuan dan teknologi antara kedua negara.
Indonesia dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan Thailand untuk meningkatkan kualitas produk dan inovasi dalam industri kecantikan di Indonesia.
Selain itu, kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan produk juga dapat menjadi area kerjasama yang menjanjikan.
Kedua negara memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk berbagai bahan alami yang dapat digunakan dalam formulasi produk kecantikan.
Dengan saling berbagi pengetahuan dan sumber daya, Thailand dan Indonesia dapat menciptakan produk-produk yang inovatif dan berkualitas tinggi yang menarik bagi pasar global.
Pertukaran profesional dan pelatihan juga dapat menjadi aspek penting dalam kerjasama antara kedua negara. (*)
Rilis Inclusivision Project, Honda Beri Wadah Teman Color Blind Ekspresikan Diri
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Maria Ermilinda Hayon |
KOMENTAR