NOVA.id – Perkembangan industri kecantikan di Tanah Air semakin melonjak.
Saat ini banyak produk kecantikan lokal mulai diminati masyarakat.
Mulai dari skincare, makeup, hingga produk perawatan tubuh lokal, masing-masing masyarakat punya favoritnya sendiri.
Memahami perkembangan positif ini, Tokopedia melalui ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat.
Sepanjang tanggal 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia.
“Ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards telah hadir sejak tahun 2020 dan konsisten menjadi upaya Tokopedia untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.
Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya,” ungkap Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono.
“Sepanjang periode pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia. Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards 2023,” tambah David.
Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2023 dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.
“Kami memberikan banyak keuntungan untuk para pemenang Tokopedia Beauty Awards. Mulai dari modal pemasaran produk atau toko berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2023 untuk meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri,” jelas David.
Ada 5 kategori pilihan yakni Perawatan Wajah, Perawatan Tubuh, Alat Kecantikan, Makeup Mata dan Bibir, dan Brand Terbaik.
Dari 5 kategori ini dibagi lagi ke dalam 32 nominasi lagi.
Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf, juga mengungkapkan bahwa kini para pelaku usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia.
“Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat akan produk lokal di pasaran. Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah kasih panggung luas untuk para pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama,” kata Affi.
Tak hanya Tokopedia Beauty Awards, tapi Tokopedia juga mendorong geliat industri kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia lewat berbagai upaya seperti inisiatif Tokopedia Hyperlocal.
Ada beberapa contoh inisiatif berpendekatan Hyperlocal, mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.
Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.
Seluruh pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir hingga penanganan kendala, akan ‘dilayani oleh Tokopedia’.
Sebagai informasi, kini ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk dari industri kecantikan dan perawatan tubuh, di mana hampir 100 persen adalah UMKM.
Pemerintah juga mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83 persen.
Selamat untuk para pemenang Tokopedia Beauty Awards! (*)
Penulis | : | Maria Ermilinda Hayon |
Editor | : | Maria Ermilinda Hayon |
KOMENTAR