TabloidNova.com - Di tempat bekerja selalu ada orang-orang dengan tipe Toxic Employee, atau kita sebut saja sebagai "karyawan bermasalah". Mereka ini memiliki karakter, sikap, dan hati yang cenderung menciptakan suasana buruk di sekitarnya. Akibatnya, rekan kerjanya menjadi terganggu dan tidak nyaman, bahkan bisa mematikan inisiatif, kreativitas, hubungan baik, serta produktivitas kerja.
Praktisi bisnis Anthony Dio Martin, Dalam buku terbarunya Toxic Employee: Cara Ampuh Untuk Mengenali dan Menghadapi Para Karyawan Bermasalah, menjabarkan situasi negatif yang bisa ditimbulkan karyawan bermasalah seperti ini:
1. Suasana Kelompok Rusak
Karyawan tipe ini bisa memecah-belah kelompok. Apalagi jika ia mendapat dukungan, khususnya dari manajemen. Akibatnya, akan terjadi perbedaan kubu antara Si Pro dan Si Kontra. Alhasil, kecurigaan dan perasaan negatif antar karyawan terbangun dan office politic yang tidak sehat pun timbul. Bagi karyawan yang tak kuat mental, bisa jadi meninggalkan organisasi.
2. Beban Emosional Meningkat
Lebih lanjut, negatif dan suasana kerja yang kurang nyaman membuat beban emosional bertambah dan bekerja jadi tak menyenangkan.
3. Banyak Rumor dan Beredar
Namanya rumor, tentu tidak jelas asalnya. Komunikasi mulai banyak disajikan dengan cara berbeda. Ini terkait dengan ulah Si Karyawan yang mengembuskan berita negatif.
4. Kultur Kerja Negatif
Muncul ketidakpercayaan antar pribadi, komunikasi terselubung, sikap-sikap mengambil keuntungan dan strategi cari muka yang membuat suasana kerja lebih mirip sebuah "medan perang".
5. Setiap Langkah Dicurigai
Orang jadi gampang bersikap curiga dan negatif terhadap langkah yang diambil manajemen karena tingkat kepercayaan yang rendah.
6. Tidak Kondusif
Efeknya, kreativitas, antusiasme kerja, juga etos kerja positif pun semakin menipis.
Andakah orangnya?
Ratih Sukma Pertiwi
KOMENTAR